Senin 05 Mar 2018 15:22 WIB

Turki Restorasi Lima Masjid Ottoman di Albania

Pemugaran masjid dimaksudkan melindungi dan melestarikan situs-situs tersebut.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEOGRAD -- Badan Koordinasi dan Kerja Sama Turki (TIKA) memulai restorasi (pemugaran) lima situs yang dibangun di era Ottoman yang ada di Albania. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor TIKA di ibu kota Albania, Tiran, lembaga tersebut selalu memberikan berbagai bantuan teknis dan proyek terhadap aset historis dan budaya bersama.

Tujuannya untuk melindungi dan melestarikan situs-situs tersebut demi generasi mendatang. Dilansir di Anadolu Agency, Senin (5/3), proyek baru yang akan direstorasi tersebut termasuk Masjid Ethem Bey, Masjid Ergiri Pazar, Masjid Berat Hunkar, Masjid Halveti Tekkesi dan Masjid Berat Bekarlar. Menurut TIKA, pemulihan tersebut diperkirakan akan selesai dalam dua tahun.

Sebelumnya, TIKA menyelesaikan restorasi terhadap bangunan Masjid Preza Castle, Masjid Akcahisar Murad Bey, Masjid Elbasan Nazire, Masjid Imrahor Ilyas Bey dan Masjid Berat Kursunlu. TIKA telah beroperasi di Albania sejak 1996 dan telah melakukan lebih dari 300 proyek bantuan teknis dan asosiasi bisnis untuk mendukung pembangunan negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement