Sabtu 03 Mar 2018 16:26 WIB

Cara Mudah Mendidik Anak

Perlu ada konsep oendidijan yang mempersiapkan amak.

Mendidik Anak (ilustrasi)
Foto: ROL/Agung Sasongko
Mendidik Anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah Salimah Kabupaten Kediri, Meika Dwi Nastiti, ST., M. AP menilai cara mudah mendidik anak adalah mendidik mereka sesuai fitrah.

"Di dalam agama Islam, fitrah adalah konsep  tentang asal penciptaan manusia, ini merupakan kondisi yang diciptakan oleh Allah SWT sesuai dengan kepribadian anak yang sesungguhnya sejak ia dilahirkan,  kondisi ini berpotensi membawa pokok kebaikan," ungkap Ibu Meika dalam acara yang disiarkan langsung dari studio KSTV Kediri itu, dalam siaran persnya, Sabtu (4/2).

Dijelaskannya, ada beberapa macam fitrah manusia, yaitu fitrah keimanan,  fitrah seksualitas,  fitrah bakat/keunikan dan fitrah belajar. Di dalam fitrah keimanan ada konsep mendidik yang disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan usia anak mulai dari pengenalan Allah sebagai Tuhan (tauhid Rububiyah) hingga penanaman kesadaran untuk menjadikan Allah SWT sebagai pusat pengabdian (tauhid Uluhiyah). 

“Misinya adalah ketika anak sudah mencapai usia baligh mereka akan menjadi pribadi yang taat beribadah kepada Allah dan menjadi khalifatu fil ardh,” kata dia.

Hadir pula dalam kesempatan ini Sekretaris PD Salimah Kabupaten Kediri, Widyanti Nugraheni, M.Pd yang menyampaikan tentang fitrah seksualitas anak. Konsep pendidikan yang mempersiapkan anak tumbuh menjadi pribadi yang mampu berpikir, bersikap dan berperilaku sesuai gendernya.

Prosesnya juga harus disuaikan dengan usia anak, mengajarkan kepada mereka tanggungjawab sesuai dengan gendernya, hingga diinformasikan tentang hukum-hukum yang melekat pada mereka saat menghadapi usia aqil baligh. Semua ini menjadi tanggung awab orang tua untuk mengondisikan sejak dini dan senantiasa menjaganya.

”Namun demikian seluruh upaya ini juga harus melibatkan pihak sekolah dan tetap mngedepankan karakteristik anak,” kata dia.

Mengakhiri uraiannya, Nunuk sapaan akrabnya, menyampaikan  pendidikan anak ini bertujuan mencetak anak soleh sehingga membuahkan amal jariyah. “Kelak mereka akan mendoakan kita sebagai orangtua,”paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement