Ahad 18 Feb 2018 12:44 WIB

252 Siswa Mustahik Ikut Seleksi Sekolah Cendekia Baznas

Sekolah ini gratis untuk mustahik dan semua biaya operasional ditanggung Baznas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor (kiri) dan Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Mohammad Nasir Tajang (kemeja putih).
Foto: Republika/Muhyiddin
Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor (kiri) dan Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Mohammad Nasir Tajang (kemeja putih).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) SMP Cendekia Baznas (SCB) tahun 2018, telah ditutup pada akhir Januari 2018. PPDB SCB ini tersebar di 17 provinsi dan 34 kabupaten/kota dengan total peserta berjumlah 252 siswa.

"Jumlah peserta meningkat 110 persen dari pendaftar tahun sebelumnya. Seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas, mengikuti tes akademik pada hari ini 18 Februari 2018," kata Direktur Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional dari Baznas, Mohammad Nasir Tajang kepada Republika.co.id, Ahad (18/2).

Nasir menjelaskan, siswa yang lulus tes dapat bersekolah di Sekolah Cendekia Baznas di Bogor, Jawa Barat. Sekolah ini gratis bagi mustahik yang lolos seleksi, bahkan semua biaya operasional ditanggung Baznas.

Tes akademik dilakukan di 20 lokasi. Di Jawa Barat diselenggarakan di Bogor, Bandung, Sukabumi dan Depok. Diselenggarakan juga tes akademik di Banten, Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Ngawi, Banjarmasin, Samarinda, Manokwari dan Timika. Kemudian di Pekanbaru, Palu, Manado, Enrekang, Padang, Palembang dan Deli Serdang.

 

"Titik ujian dipilih berdasarkan sinergi Baznas pusat, Baznas provinsi dan Baznas kabupaten/kota, serta merupakan lokasi yang terdekat dengan peserta yang mendaftar," ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Kesiswaan Sekolah Cendekia Baznas, Ahmad Kamaludin menyampaikan, siswa yang dinyatakan lolos tahap ujian akademik akan mengikuti tes psikologi pada 11 Maret 2018. Tes psikologis akan diselenggarakan oleh Baznas pusat. Selanjutnya akan dilakukan survei faktual pada 2-13 April 2018 ke tempat tinggal peserta atau siswa.

"Jumlah siswa yang diterima pada tahap akhir, akan diumumkan pada 2 Mei 2018 berjumlah kuota 64 siswa di antaranya 32 putra dan 32 putri yang dibagi ke dalam dua rombongan belajar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement