Selasa 27 Jun 2023 18:58 WIB

51 Persen Siswa Sekolah Cendekia Baznas Berhasil Lolos PTN

Hingga saat ini, lebih dari 20 siswa telah diwisuda hafidz hafidzah 30 Juz Alquran.

Sebanyak 51 persen siswa Sekolah Cendekia Baznas tahun ajaran 2022-2023 berhasil lolos ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui berbagai jalur.
Foto: Dok Baznas
Sebanyak 51 persen siswa Sekolah Cendekia Baznas tahun ajaran 2022-2023 berhasil lolos ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui berbagai jalur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 51 persen siswa Sekolah Cendekia Baznas tahun ajaran 2022-2023 berhasil lolos ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui berbagai jalur. 

Dari empat jalur yang diikuti, yakni SNBT, SPAN PTKIN, Poltekkes, dan SNBP, sebanyak 27 siswa berhasil menembus perguruan tinggi negeri ternama dari total keseluruhan 53 siswa di kelas XII tahun ajaran 2022-2023. Sejumlah perguruan tinggi negeri tersebut di antaranya IPB University, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Negeri, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan lainnya. 

Hasil positif ini pun mendapat apresiasi dari Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA. Saidah mengatakan, hasil yang diraih merupakan buah dari kerja keras dan kedisiplinan para siswa SCB selama ini, ditambah dengan pola pendidikan yang berkualitas di Sekolah Cendekia Baznas.

Selain pendidikan umum, SCB juga memiliki program takhasus sebagai langkah percepatan menghafal siswa. Hingga saat ini lebih dari 20 siswa telah diwisuda hafidz hafidzah 30 Juz Alquran.

"Alhamdulillah, Baznas turut berbangga dengan torehan yang diraih adik-adik kita di Sekolah Cendekia Baznas," kata Saidah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Ia menambahkan, beasiswa pendidikan sangat penting bagi anak mustahik karena memberikan mereka kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Pendidikan yang baik dan berkualitas membuka pintu bagi pengetahuan, keterampilan, dan peluang yang lebih baik di masa depan.

"Inilah yang diperjuangkan Baznas, yang mengemas dana zakat untuk pendidikan anak kurang mampu. Baznas ingin membantu transformasi keluarga mustahik menjadi muzaki di kemudian hari, melalui pendidikan," kata Saidah. 

Sekolah Cendekia Baznas merupakan sekolah yang didirikan Baznas, yang fokus pada pendidikan adab Islami, akademik, kewirausahaan serta kepemimpinan dan organisasi. Sekolah ini juga memberikan beasiswa pendidikan non-formal, berupa sekolah tahfidz selama dua tahun, dan pendidikan jenjang SMP-SMA untuk anak yatim dan dhuafa setiap tahunnya.

Sejumlah prestasi telah berhasil diraih Sekolah Cendekia Baznas dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya saja sejak tahun 2020, sekolah ini telah meraih 20 prestasi internasional dari berbagai ajang serta prestasi tingkat nasional lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement