Selasa 09 Jan 2018 15:21 WIB

JATMAN Cari Dukungan Bangun Makam Imam Al Ghazali

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Ketua Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mutabarah al-Nahdliyyah (JATMAN) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (kanan) (Ilustrasi)
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Ketua Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mutabarah al-Nahdliyyah (JATMAN) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (kanan) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) akan menyelenggarakan Seminar Internasional Tasawuf Imam Al Ghazali di Hotel Borobudur Jakarta pada 19-20 Januari 2018. Salah satu tujuan seminar ini untuk mendapatkan dukungan dari ulama dunia untuk membangun makam Imal Al Ghazali di Iran.

"Kondisi makam Imam Al Ghazali di Thus (Iran) tempat kelahirannya saat ini kondisinya terabaikan," kata Sekretaris Umum Seminar Internasional Tasawuf Imam Al Ghozali, Ali Abdillah kepada Republika.co.id, Senin (9/1).

Pada zaman Mongolia, peninggalan umat Islam di daerah Thus dihancurkan pasukan Mongolia. Kemudian, arkeolog menemukan kembali makam Imam Al Ghazali di daerah Thus pada 1994. Habib Luthfi bin Yahya juga sudah meyakinkan bahwa lokasi makam Imam Al Ghazali yang ditemukan arkeolog pada 1994 itu benar. Maka sudah selayaknya makam tokoh umat Islam tersebut dibangun dengan layak.

Oleh karena itu, Seminar Internasional Tasawuf Imam Al Ghazali yang diselenggarakan JATMAN mengundang tokoh ulama sunni dari Iran, kedutaan besar Iran, dan ahli perbandingan mazhab dari Iran. "Karena makam Imam Al Ghazali ada di Iran, maka perlu kerja sama dengan mereka supaya makam bisa dibangun," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Ali, tujuan lain dari seminar Internasional ini untuk menyegarkan kembali ajaran Tasawuf Imam Al Ghozali. Untuk menjawab persoalan global seperti radikalisme dan liberalisme. Juga untuk menyelesaikan masalah sosial seperti pragmatisme, materialisme dan hedonisme. "Itu juga bisa diselesaikan dengan pendekatan Tasawuf Imam Al Ghozali," ujarnya.

Tema besar Seminar Internasional Tasawuf Imam Al Ghazali adalah peran dan kontribusi ajaran Tasawuf Imam Al Ghozali dalam membangun peradaban dunia yang damai dan harmoni.Pembicara utama di seminar Internasional ini di antaranya Habib Luthfi bin Yahya sebagai Rais Amm JATMAN.

Selain itu, ada juga Prof KH Said Aqil Siradj sebagai Ketua Umum PBNU, Syaikh Dr Yasser Al Kudmani sebagai Mudir Ghazaliyah Suriah, Syeikh Dr Muhammad Mahmud Abu Hasyim dari Universitas al-Azhar di Mesir, Syeikh Dr Aziz Al Kubaithi dari Maroko, Syeikh Dr Mazen Sherif dari Tunisia, Syeikh Dr Aziz Abidin dari Amerika, dan pembicara-pembicara lainnya dari berbagai negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement