Rabu 03 Jan 2018 17:30 WIB

Muslim Pertama Jamaika Diyakini Berasal dari Afrika Barat

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Muslimah di Jamaika
Foto: caribbeanmuslims.com
Muslimah di Jamaika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Muslim pertama yang tiba di Jamaika diyakini berasal dari Afrika Barat.Mereka datang ke Jamaika sebagai budak.

Seiring berjalannya waktu, sebagian besar dari Muslim ini kehilangan identitas Islam mereka karena adanya pencampuran paksa kelompok etnis. Beberapa budak Muslim terutama keturunan Afrika Mandinka, Fula, Susu, Ashanti, dan Hausa tetap mempertahankan agama mereka saat tiba di negara Karibia tersebut.

Mereka melakukan praktik ke agamaan secara tersembunyi saat bekerja sebagai budak di perkebunan Jamaika. Pada 1845 hingga 1917, datang imigran dari India ke Jamika.

Sebanyak 16 persen dari 37 ribu imigran tersebut beragama Islam. Muhammad Khan, yang datang ke Jamaika pada 1915 di usia 15 tahun, membangun Masjid Ar-Rahman di Kota Spanyol pada 1957.

Sejak saat ini, banyak imigran Muslim yang mulai membangun masjid di Jamaika. Muhammad Golaub, yang ber?imigrasi dengan ayahnya pada usia tujuh ta hun men dirikan Masjid Hussein di West moreland.

Sejak 1960, secara bertahap umat Islam mulai membangun masjid di berbagai wilayah. Dan kini, masjid sudah banyak berdiri di negara ini. Para imigran India kemudian membentuk komunitas Muslim. Merekalah yang mendominasi populasi umat Islam di Jamaika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement