Jumat 20 Oct 2017 17:45 WIB

Pertamina Hulu Energi- Baznas Kolaborasi Bantu Bangun Masjid

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah di kawasan Jakarta Bogir Tanggerang Bekasi (Jabodetabek).
Foto: Muhyiddin/ REPUBLIKA
PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah di kawasan Jakarta Bogir Tanggerang Bekasi (Jabodetabek).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak Perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang minyak dan gas di Indonesia, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah di kawasan Jakarta Bogir Tanggerang Bekasi (Jabodetabek).

PT PHE-WMO mempercayakan dana sedekah dari para karyawannya kepada Baznas sebesar Rp 157.400.000. Dana tersebut untuk membantu pembangunan Masjid Umar bin Khatab, Mushalla Al Barokah, pengadaan sumber air berupa pompa air bersih untuk Dewan Dakwah Indonesia (DDI), serta membantu program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di Jabodetabek.

Direktur Koordinasi Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional Baznas, Mohd Nasir Tajang mengapresiasi langkah PHE yang menunaikan dana Zakat Infaq Sedekah (ZIS) melalui Baznas. Langkah PT PHE-WMO ini menginspirasi perusahaan lain untuk menunaikan zakatnya melalui Baznas. "Semoga bisa mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya," ujar Nasir saat acara penyerahan dana sedekah di gedung PHE Tower, Jl. TB. Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (20/10).

Nasir mengajak perusahaan lain untuk bersama-sama membangun masyarakat kurang mampu di Indonesia. Seperti halnya Bank Viktoria Syariah, yang beberapa waktu lalu juga menunaikan zakat perusahaanya untuk mendukung pembangunan kampus IIQ, yang merupakan kampus khusus yang mencetak akademisi dan generasi-generasi yang mumpuni dalam bidang ilmu Alquran.

Sementara, Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) PHE WMO, Heru Imam mengatakan bahwa pihaknya mempercayakan penyaluran zakat perusahaan yang dipimpinnya melalui Baznas karena Baznas merupakan lembaga pemerintah yang dinilai profesional dan akuntabel dalam pengelolaannya.

"Kami menilai penyaluran zakat melalui Baznas ini sudah sesuai sasaran, sehingga kami sangat mendukung program-program yang dilaksanakan Baznas," ucapnya.

Menurut dia, selama ini PT PHE-WMO juga konsisten menjalin kerja sama dengan Baznas dalam berbagai kegiatan sosial, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun upaya peningkatan ekonomi masyarakat miskin.

oleh karena itu, Heru juga mengajak perusahaan-perusahaan lain untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Hal tersebut dilakukan agar tujuan penyaluran zakat untuk mengentaskan kemiskinan, dapat lebih mudah tercapai sebab zakat disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement