Senin 28 Aug 2017 17:00 WIB

Komunitas Islam Kembangkan Kurikulum dan Buku Teks

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Slovenia
Foto: AP
Slovenia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Anak-anak dapat mempelajari pendidikan agama di sekolahnya. Tak ada larangan untuk mendalami ajaran agama. Namun, pelajaran itu tidak banyak diminati.

Komunitas agama tak dilarang untuk mendirikan sekolah. Mereka bisa mendapatkan anggaran pendidikan 85 persen dari negara jika mengajarkan kurikulum umum. Karena keterbatasan kemampuan, komunitas Islam tidak menjadikan pendirian sekolah Islam sebagai prioritas.

Beberapa pemuda Muslim Slovenia menempuh pendidikan di madrasah sekitar Kroasia atau Bosnia. Anak-anak Muslim mendapatkan pendidikan agama dari kelas mekteb yang diselenggarakan oleh komunitas Islam lokal. Kelas ini berlangsung di luar jam sekolah dan dengan fasilitas yang terbatas.

Komunitas Islam mengembangkan kurikulum dan buku teks berbahasa Slovenia, menggantikan bahasa Bosnia yang saat ini banyak digunakan. Mereka juga menawarkan pendidikan agama untuk orang dewasa.

Imam Slovenia biasanya mendapatkan pendidikan Islam di institusi Bosnia-Herzegovina. Komunitas Islam juga menyelenggarakan kursus pelatihan internal untuk meningkatkan sumber daya mereka .

Kedutaan Mesir di Slovenia pun sering memberikan beasiswa untuk menjadi mahasiswa Universitas al-Azhar, Kairo Mesir, sejak 2008. Saat ini Universitas Slovenia baru menawarkan studi keagamaan, khususnya Islam. Beberapa pendidikan yang relevan dapat dipelajari di Departemen Sosiologi, Antropologi, dan Teologi.

Guru agama Islam biasanya menempuh pendidikan bersama di Fakultas Seni dan Teologi Katolik di Ljubljana. Mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang agamanya berdasarkan studi keagamaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement