Selasa 25 Jul 2017 05:13 WIB

Qari Yordania: Tinggi, Semangat Umat Islam Pelajari Alquran

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Yasin Habibi
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syekh Ahmad Jalal Abdullay Yahya, Qari internasional asal Yordania terkejut dengan semarak dakwah Islam di Nusa Tenggara Barat. Kesan ini didapatnya ketika mendapat kesempatan tampil sebagai imam shalat Tarawih dalam hajatan Pesona Khazanah Ramadhan yang digelar Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Ramadhan lalu.

"Saya terkejut saat datang ke Indonesia pada Ramadhan 1438 H, terutama ke Lombok. Lombok kecil di peta. Tidak terlihat ada semangat peradaban Islam di sini, " kata dia saat ditemui di sebuah hotel, Lombok. Namun, bayangannya tersebut terbantahkan. Justru dia melihat peradaban Islam semarak di provinsi berjuluk Seribu Masjid tersebut.

Menurut sosok yang menjuarai berbagai musabaqah Alquran tingkat nasional dan internasional tersebut, political will Pemerintah Provinsi NTB sangat besar mendorong syiar Islam dan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Alquran.

Dikatakan Syekh Ahmad, Dari perjalanan ke berbagai negara, semangat umat untuk dekat dengan Alquran baik membaca, menghafal, mentadaburi, terlihat begitu besar. Salah satu faktornya adalah masalah umat seperti perang, krisis, dan berbagai kejadian lain membuat mereka berpikir tak ada jalan terbaik selain menjadikan Alquran sebagai solusi. Itu yang mendorong umat berinteraksi intensif dengan Alquran.

"Secara khusus saya berterima kasih kepada Indonesia dan NTB yang mengundang saya ke sini. Juga teman-teman dari Republika yang ikut mengajak umat Islam lebih dekat dengan Alquran pada Ramadhan ini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement