Ahad 18 Jun 2017 16:51 WIB

Alfarisi: Allah Saja Menjaga Alquran, Masa Kita tidak?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Agus Yulianto
 Peserta mengikuti lomba tahfidz Alquran (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Peserta mengikuti lomba tahfidz Alquran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Mushalla Abdulrahman Fakhroo (MAF) Greenland Residence blok HH, Bukit Cimanggu City, kota Bogor, pada tahun ini, kembali menggelar kegiatan Ramadhan bertajuk Generasi Millenial Generasi Islamku. Acara tersebut dimulai sejak 21 Mei 2017 hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Ketua panitia kegiatan Ramadhan MAF, Erik Setiadi mengatakan, ada banyak acara yang yang digelar di bulan suci Ramadhan tahun ini. Acara tersebut terdiri dari Tarhib Ramadhan, lomba Tahfidz Quran, Ifthar Jamaah, Pesantren Kilat, Bazar dan Santunan Anak Yatim, Pasar Murah, Ta'jil dan Salat Tarawih Berjamaah, kajian Ramadhan, Itikaf hingga Penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah.

Pada hari Ahad (18/6) ini, ungkap Erik, bertepatan dengan digelarnya babak final lomba Tahfidz yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi. "Alhamdulillah di Ramadhan ini kami masih bisa membuat acara yang bisa memberi manfaat," kata Erik saat ditemui Republika.co.id disela-sela kegiatan Ramadhan MAF di Greenland Residence Bukit Cimanggu City, kota Bogor, Ahad (18/6).

Salah satu peserta tahfidz, Alfarizi Baihaqi yang kini duduk dikelas dua di SMK Taruna Terpadu 1 Salabenda Borces, Bogor, mengaku senang bisa turut berpartisipasi dalam lomba Tahfidz MAF. Menurut dia, lomba kali ini menjadi lomba perdana bagi dia, sehingga dia masih merasa grogi saat tampil di atas panggung.

"Pertama kali karena jadi tadi masih grogi," ungkap Alfarisi malu-malu. Hingga kini, Alfarisi mengaku telah hapal 3 juz yaitu juz 28, 29 dan 30.

Untuk motivasi Alfarisi menjadi Tahfidzul Qur'an, dia merujuk pada surah Al-Hijr ayat 9 yang berbunyi: " Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya."

Karenanya, kata Alfarisi, jika Allah SWT saja menjanjikan akan menjaga kitab suci Alquran, apalagi dia selaku umat-Nya berkewajiban pula untuk menjaga Alquran. "Orang non-muslim saja banyak yang mempelajari Alquran, masa kita tidak," kata Alfarisi saat ditemui.

Ditemui terpisah, Mulia Perasatna ibu dari Muhammad Husein Tarigan salah satu peserta dari kategori dua, mengaku, sangat apresiasi atas digelarnya lomba Tahfidz MAF tersebut karena selain bisa mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan juga bisa mengamalkan Alquran. Untuk hapalan, Mulia menyebut anaknya telah hapal sebanyak 3 juz, yang terdiri dari juz 27, 28 dan 30. "Kewajiban kita menjaga Alquran. Selain menghapal juga bisa diikuti dengan mengamalkan isi Alquran," ujar Mulia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement