Jumat 02 Jun 2017 15:53 WIB

Rumah Zakat Berbagi di Solo

Rumah Zakat Berbagi di Solo
Rumah Zakat Berbagi di Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Gerimis hujan yang mengguyur Desa Sangkrah tidak menyurutkan langkah warga untuk menghadiri buka bersama yang diselenggarakan di pos ibu dan anak, tepatnya di RT 06/10, Sangkrah, Solo. Desa Sangkrah merupakaan desa binaan Rumah Zakat.

Buka puasa yang dimulai pukul 4 sore ini bukan hanya sekedar penyaluran 100 paket buka puasa saja,  tetapi juga dilakukan dengan kegiatan pembagian tabungan bagi nasabah bank Sampah Hidayah Asri. Sebuah komunitas bank sampah yang merupakan binaan Rumah Zakat yang bergerak di tabungan sampah anorganik. Dengan adanya komunitas tersebut, masyarakat bisa menukar sampah dengan sembako, selain itu bisa untuk produksi daur ulang sampah.

Acara buka puasa ini tidak hanya dihadiri oleh nasabah bank sampah, tetapi dihadiri juga oleh tokoh-tokoh warga di Sangkrah. Mulai dari lurah, ketua RW, Ketua RT, Kader Posyandu, dan tokoh Sangkrah lainnya. Kepuasan dan kebahagiaan terpancar di wajah Singgih, lurah Sangkrah. “Saya sangat bangga melihat hasil pemberdayaan bank sampah Hidayah Asri yang di tampilkan dalam acara buka bersama kali ini. Terlebih ada penampilan keseniannya.” ungkap Singgih dalam siaran pers yang diterima Republika belum lama ini.

Selain buka bersama, terdapat penampilan kesenian, mulai dari penampilan Perkusi Gesang anak-anak Sangkrah yang menampilkan musik dari hasil pukulan tong dan ember bekas yang diiringi dengan lagu tradisional Gundhul-Gundhul Pacul. Selain itu ada juga fashion show gaun daur ulang dari sampah plastik bekas dan pameran produk daur ulang kain. Untuk lebih memeriahkan acara tersebut, Rumah Zakat juga mengadakan cek tensi dan gula darah gratis bagi warga.

Saat adzan maghrib berkumandang, 100 paket buka puasa yang di kemas dalam dus makan berwarna oranye semakin menambah senyum bahagia warga. “Alhamdulillah, bisa berbuka puasa bersama dengan nasabah sampah lainnya. Menu buka puasanya benar-benar enak dan komplit. Ada buah kurma dan ayam kecapnya yang enak sekali. Selain itu, saya juga bisa tahu kondisi tensi dan gula darah saya setelah dicek tadi. Terima kasih banyak kepada Donatur Rumah Zakat. Semoga semakin barokah rejeki dan umurnya,” ungkap Niko, salah satu warga Sangkrah sembari mengangkat kedua jempolnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement