Rabu 22 Mar 2017 21:15 WIB

10 Masjid Megah di Dunia

Rep: mgrol95/ Red: Agung Sasongko
Masjidil Haram
Foto: Natalia Endah Hapsari/Republika
Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi umat Islam, masjid adalah tempat suci untuk beribadah kepada Allah SWT. Saat ini, banyak Masjid yang memiliki arsitektur unik, menarik, indah, namun tidak menghilangkan kesan suci dan sakral.

Berikut adalah daftar nama Masjid dengan arsitektur menarik di dunia :

1. Masjid Al-Haram, Arab Saudi

Alquran menyebutkan, Masjid Al-Haram merupakan bangunan pertama yang dibangun untuk manusia menyembah Allah SWT. Bangunan paling terkenal di dunia, Masjid Al-Haram terletak di Makkah, Arab Saudi.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat dimana umat Muslim di dunia menghadapnya ketika shalat, yaitu Kabah. Dengan luas sekitar 408.000 hektar, Masjid Al-Haram mampu menampung empat juta jamaah saat musim haji tiba.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi atau yang dikenal juga dengan Masjid Nabi, dibangun oleh Rasulullah SAW atas perintah Allah SWT. Tempat ini merupakan satu dari dua tempat suci umat Islam (yang pertama adalah Masjidil Haram di Mekkah, dan menjadi Masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram.

Masjid ini meliki ciri dengan kubah berwarna hijau. Dahulu Masjid ini menjadi tempat tinggal Rasulullah SAW. Masjid Nabawi mengalami beberapa kali renovasi. Kubah pertama kali diberi warna hijau pada tahun 1837.

3. Masjidil Aqsa, Palestina

Masjidil Aqsa juga dikenal dengan nama Bayt Al Muqaddas, merupakan tempat suci umat Islam ketiga dan menjadi lokasi kota kuno Yarusalem. Di Masjid ini Rasulullah melakukan Isra Miraj. Rasulullah lakukan perjalanan dari Mekkah ke Al Aqsa dalam semalam.

Sebelumnya Masjidil Aqsa menjadi kiblat bagi umat Islam ketika menunaikan shalat dan kemudian Allah SWT memerintahkan untuk menghadap Kabah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement