Kamis 16 Mar 2017 20:39 WIB

Hapus Kemiskinan, Padang Geliatkan Kesetiakawanan Sosial

Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah
Foto: Republika/Indra Wisnu Wardhana
Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan pemerintah menghapus kemiskinan di daerah tersebut yang mencapai 30.000 Kepala Keluarga (KK) lewat upaya dan penerapan kesetiakawanan sosial.

"Adanya kampung kesetiakawanan sosial Saiyo Sakato menjadi bagian kecil upaya pemkot tersebut," katanya usai kegiatan peresmian Kampung Kesetiakawanan Sosial Saiyo Sakato oleh Menteri Sosial RI di Padang, Kamis (16/3).

Dia menyebutkan beberapa program seperti bedah rumah, terbentuk dari kepedulian masyarakat yang mampu untuk membantu saudaranya yang tidak mampu. Kemudian melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga mendorong masyarakat yang mampu untuk berzakat dan membantu yang tidak mampu di segala sektor.

"Tercatat di Dinas Sosial ada 190 ribu KK yang dikatakan mampu, ini akan dioptimalkan untuk membantu," ujar dia.

Ke depan, tambahnya selain memaksimalkan bantuan dari pusat seperti E-Warung, Bantuan Pangan Non Tunai, Program Keluarga Harapan, pihaknya juga akan berkonsolidasi dengan pengusaha, pedagang, dan kalangan masyarakat lainnya untuk berpartisipasi aktif dalam bantuan kepada masyarakat miskin.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya ke Padang, Kamis juga mengatakan semangat kebersamaan dan kesetiakawanan sosial dapat mengurangi angka kemiskinan. Termasuk terkait pemberian fasilitas untuk gelandangan dan pengemis (gepeng) seperti Program Desaku Menanti di Malang yang saat ini warganya telah mengalami peningkatan taraf ekonomi.

Dia berharap semua program yang diperuntukkan masyarakat tidak mampu di Padang, sasarannya tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement