Kamis 22 Dec 2016 15:58 WIB

Selangkah Lagi Rumania Punya Perdana Menteri Seorang Muslimah

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Sevil Shhaideh.
Foto:

Menurutnya, Shhaideh lebih sering dianggap sebagai seorang manajer daripada seorang politiskus. Dia adalah seorang ekonom yang telah bekerja di pemerintahan lokal dan regional selama bertahun-tahun.

Shhaideh telah menghabiskan sebagian besar karirnya di Pelabuhan Constanta, Laut Hitam, bukan di ibukota Bucharest. Namun, dia terlihat memiliki hubungan yang dekat dengan Dragnea.

Shhaideh diketahui pernah bekerja sebagai sekretaris di Kementerian Pembangunan Daerah saat Dragnea menjabat sebagai Menteri. Shhaideh kemudian menggantikan posisi itu ketika Dragnea mengundurkan diri pada 2015 lalu.

Wanita Muslim sangat jarang mendapat kepercayaan menjabat sebagai kepala negara atau kepala pemerintahan di Eropa. Wanita-wanita Muslim Eropa yang memiliki jabatan tinggi biasanya tinggal di negara mayoritas Muslim, seperti Tansu Ciller yang menjadi Perdana Menteri Turki pada 1990-an, dan Atifete Jahjaga yang menjadi Presiden Kosovo pada 2011-2016.

Sebaliknya, lebih dari 80 persen penduduk Rumania beragama Kristen Ortodoks. Hanya kurang dari satu persen yang beragama Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement