Kamis 03 Nov 2016 15:40 WIB

Baznas Jambi Salurkan Rp 823 Juta untuk Bantuan Pendidikan

Pembayaran zakat di Baznas
Foto: Prayogi/Republika
Pembayaran zakat di Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jambi menyalurkan bantuan biaya pendidikan senilai Rp 823,8 juta bagi para pelajar yang kurang mampu di daerah ini. Kepala Basnaz Kota Jambi Syamsir Nain mengatakan bantuan biaya pendidikan tahap 15 tersebut secara simbolis diserahkan di lapangan Balaikota Jambi yang dikemas dalam acara expo pendidikan tahunan.

Sumber dana bantuan itu berasal dari penerimaan zakat, infaq dan sadaqah yang dikumpulkan setiap bulannya dan berasal dari dana hibah APBD Kota Jambi 2016, katanya. Dari total bantuan biaya pendidikan senilai Rp 823,8 juta tersebut, total jumlah penerimanya sebanyak 2.260 pelajar kurang mampu dari berbagai tingkat dan jenjang pendidikan.

Adapun rincian penerima diantaranya terdiri dari pelajar SD sederajat sebanyak 1.510 orang dan menerima sebesar Rp 300 ribu/orang. Sedangkan untuk SMP sederajat jumlah penerimanya sebanyak 504 orang yang masing-masing pelajar menerima sebesar Rp 400 ribu. Sementara untuk pelajar SMA sederajat jumlah penerimanya sebanyak 224 orang dengan jumlah yang diterimanya sebesar Rp 450 ribu/orang.

"Untuk mahasiswa S1 khusus mudim masjid sebanyak 22 orang dengan jumlah yang diterimanya sebesar Rp 2 juta," kata Syamsir.

Selain bantuan untuk pelajar, juga ada bantuan dana guru pendamping, materai teknis pelaksana kegiatan pendidikan yang disalurkan senilai Rp 25 juta. Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang turut menyerahkan bantuan tersebut berpesan agar bantuan pendidikan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang biaya sekolah.

"Jangan digunakan untuk keperluan lain, bantuan ini supaya bisa dibelikan alat kelengkapan sekolah seperti buku, alat tulis dan lainnya sesuai kebutuhan," kata Fasha.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement