Senin 31 Oct 2016 10:04 WIB

Pembangunan Masjid Terus Mengalami Peningkatan di Thailand

Rep: Marniati/ Red: Agus Yulianto
Muslim Thailand
Foto: AP
Muslim Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK-- Islam adalah agama minoritas di Thailand. Meski demikian, pembangunan masjid terus mengalami peningkatan di Negeri Seribu Pagoda tersebut. Hal itu menunjukan adanya pertumbuhan Islam di Thailand.

Salah satunya pembangunan Masjid Phadungsat di daerah wisata selatan Phuket. Pembangunan Masjid Phadungsat dimulai dua tahun lalu setelah Imam Thailand mengunjungi Phuket pada bulan puasa Ramadhan.

Masjid yang dibangun berkat sumbangan Arab Saudi sebesar 35 ribu dolar Amerika ini, diharapkan, akan selesai pada tahun depan. Masjid yang dibangun ini, juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatwan dengan pemandangan yang indah di sekitar masjid.

Islam adalah agama terbesar kedua di Thailand. Jumlah muslim lima persen dari populasi secara keseluruhan. Sekitar 20 persen Muslim yang berada di Thailand berdomisili di Phuket. Banyak dari mereka adalah keturunan asli orang laut yang tinggal di pulau itu.

Di luar Phuket, provinsi paling selatan Pattani, Yala, Narathiwat dan bagian dari Songkhla dan Chumphon memiliki populasi Muslim yang dominan, yang terdiri baik dari Muslim etnis Thailand dan etnis Melayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement