Selasa 25 Oct 2016 05:43 WIB

Pelajaran Penting dari Teladan Keluarga Nabi Ibrahim

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji naik unta di kota Makkah pada tahun 1935.
Foto: Gahetna.nl
Jamaah haji naik unta di kota Makkah pada tahun 1935.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah keluarga Ibrahim AS (Baca: Teladan Keluarga Ibrahim). Pertama, setiap istri mesti tawakal dan berjuang keras memberikan yang terbaik bagi anaknya meski telah ditinggalkan suami.

Kedua, istri mesti menjaga kehormatan suami, terlebih ketika suami tidak ada di rumah dengan tidak menyampaikan sesuatu masalah yang dapat menjatuhkan martabat suami.

Seorang istri sudah selayaknya mampu menjaga kehormatan suaminya. Ada banyak cara untuk menjaga kehormatan suami tersebut, salah satunya adalah menutupi aib sang suami. Namun, kenyataannya, banyak istri yang tidak bisa melakukan kewajiban ini dengan baik.

Seorang istri memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kehormatan suaminya dengan menutupi aib suami agar tidak diketahui oleh orang lain.

Ternyata, bagi orang yang mam pu menutupi aib orang lain, Allah SWT akan menutupi aibnya pada hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda, Tidaklah seorang hamba menutupi aib hamba lainnya di dunia melainkan Allah SWT akan menutupi aibnya pada hari kiamat kelak. (HR Muslim).

Sementara, dalam surah an- Nisa ayat ke-34, Allah menyeru kepada para istri agar menjaga kehormatan suami ketika ditinggalkan di rumah sendirian atau saat bersama anak-anak.

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah mele bih kan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.

Sebab itu maka perempuan yang saleh ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).

Dalam ayat di atas Allah menjelaskan bahwa istri yang salehah harus taat kepada Allah, memelihara diri (fisik maupun kehorma tan), terutama ketika suami sedang tidak ada di sisinya, serta menjaga harta suami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement