Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Imam Besar Istiqlal: Kita Mestinya Bangga Sebagai Muslim Indonesia

Jumat 21 Oct 2016 22:53 WIB

Red: Nasih Nasrullah

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar

Foto: dok pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Masjid Besar Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar, mengatakan, umat Islam di Tanah Air patut berbangga dan bersyukur karena tak sedikit negara di kancah dunia internasional banyak berkaca kepada keberhasilan Indonesia. 

“Sebagai WNI, kita bangga dalam XXX FORO IBEROAMERICANO di Santiago, Chili banyak disebut sebagai contoh negara berhasil mengatasi persoalan ekonomi dan politik dalam negeri,” katanya kepada Republika.co.id lewat pesan whatsapp di Jakarta, Jumat (21/10). 

Nasaruddin mengatakan, menguat dalam diskusi dengan sejumlah peserta, bahwa seandainya tidak ada Indonesia sebagai represantasi negara Muslim terbesar, sulit membendung anggapan Islam sebagai agama kekerasan. 

“Indonesia membuktikan bahwa Islam paralel dengan prinsip demokrasi, kesetaraan jender, HAM, toleransi, nation state, dan ekonomi modern,” katanya. 

Nasaruddin yang juga Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Jakarta saat ini tengah berada di mewakili Indonesia dalam konferensi tentang penjaminan yang berlangsung 20-21 tersebut, termasuk penjaminan syariah. 

Dari Chili, rencananya, sosok yang pernah menjabat mantan wakil menteri agama ini akan berangkat ke Yordania mengikuti konferensi internasional tahunan yang digelar Raja Abdullah II Yordania pada 23-25 Oktober mendatang.  

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA