Rabu 19 Oct 2016 13:10 WIB

Baznas Padang Cerdas Bina Siswa Berprestasi

Cerdas dalam beribadah/ilustrasi
Cerdas dalam beribadah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membina siswa berprestasi dengan pemberian beasiswa lewat program andalannya "Padang Cerdas".

"Padang Cerdas menjadi salah satu program andalan Baznas Padang tahun ini yang menitikberatkan pada bantuan pembinaan bagi siswa sekolah dasar hingga menengah yang memiliki nilai bagus namun tidak mampu," kata ketua Baznas Padang Epi Santoso, di Padang, Rabu (19/10).

Dia menyebutkan hingga periode September tahun ini sebanyak 3.055 siswa yang telah mendapat beasiswa dengan total anggaran Rp1,9 miliar. Jumlah ini merata di seluruh sekolah tingkatan dasar hingga menengah termasuk sekolah kejuruan dan madrasah dengan perincian lima orang per sekolah.

Tujuan memberikan beasiswa ini katanya untuk memotivasi siswa untuk mempertahankan prestasinya meski mengalami kekurangan secara ekonomi. "Selain memberikan beasiswa program Padang Cerdas juga membantu siswa yang tidak mampu melunasi administrasi sekolah," tambahnya.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk dana pelunasan kepada sekolah sebagai jaminan siswa mendapat ijazah atau rapor.

Pelunasan ini baik itu uang sekolah dan uang lainnya yang menyebabkan siswa terhambat memperoleh ijazah saat lulus.

"Dengan catatan siswa tersebut berprestasi dan bagus dalam nilainya," ujarnya.

Jumlah untuk kasus yang mendapat bantuan Baznas ini kata dia, juga mencapai ratusan. Disamping beasiswa dan bantuan pelunasan masih ada beberapa program pendidikan lain yang termasuk Padang Cerdas dan juga dibantu oleh instansi terkait lainnya

"Total kami menganggarkan sebesar Rp6 miliar untuk program Padang Cerdas yang merupakan terbesar di antara program lainnya tahun ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement