Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Baznas Makin Dilirik Swasta

Kamis 04 Jan 2018 17:31 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Baznas

Baznas

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Penyaluran zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) semakin diminati berbagai instansi, termasuk perusahaan swasta. Kali ini giliran sebuah perusahaan yang berkedudukan di Kota Padang, Sumatra Barat, yakni PT Kurnia Abadi yang mempercayakan penyaluran zakatnya kepada Baznas Padang.

Sang pemilik perusahaan, Asrul, menyalurkan zakat perusahaan kepada Baznas agar disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bahkan pemilik Fave Hotel Padang ini juga menyalurkan zakatnya melalui Baznas Padang. Diminatinya Baznas sebagi penyalur zakat oleh berbagai pihak, termasuk perusahaan swasta, sekaligus meluruskan pandangan bahwa Baznas hanya mengelola zakat yang disalurkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah saja.

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso menyebutkan, zakat yang disalurkan oleh PT Kurnia Abadi berupa beras sebanyak 1,5 ton dan 10 kilogram rendang. Beras itu disalurkan dalam bentuk paket 15 kg kepada mustahik. Sedangkan zakat penghasilan dari Hotel Fave juga disalurkan sebesar Rp10 juta.

"Alhamdulillah, kepercayaan para muzaki terhadap Baznas semakin meningkat. Sejumlah perusahaan swasta dan perorangan telah mulai menyalurkan zakatnya melalui Baznas," kata Epi, Kamis (4/1).

Sepi menyebutkan, sepanjang pada 2017 pengumpulan zakat melalui Baznas meningkat dari Rp 3 miliar lebih di tahun 2016 menjadi Rp 6 miliar pada 2017. Hingga saat ini, pengumpulan zakat PNS menyentuh angka Rp 16 miliar. Angka ini sebenarnya menurun dari capaian tahun sebelumnya yakni Rp 20 miliar lebih.

"Penurunan ini akibat pindahnya SMA dan SMK di bawah pengelolaan provinsi," jelas Epi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA