Selasa 20 Sep 2016 20:11 WIB

Emil Beri Motivasi di Ta'aruf Mahasiswa Unisba

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), mahasiswa tidak perlu takut. Namun sebaliknya, harus proaktif dalam menangkap peluang yang ada. Demikian Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan kuliah umum pada sekitar tiga ribu mahasiswa baru Universitas Islam Bandung (Unisba)  tahun akademik 2016/2017.

Tema yang diangkat adalah 'Menyongsong Generasi Islami Milenium', di Aula Unisba, Selasa (20/9). "Saya, anak salah satu pendiri Hukum Unisba. Semua mahasiswa Unisba, jadi harus memiliki motivasi untuk maju," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil disambut dengan tepukan ribuan mahasiswa.

Menurut Emil, untuk membangun perekonomian di Kota Bandung, Ia pro aktif memasarkan produk buatan UMKM Kota Bandung ke manca negara. "Kita harus siap jadi bangsa yang berani menghadapi MEA. Harus ekonomi yang proaktif," katanya.

Emil menjelaskan, dunia sekarang ini semakin global akan tetapi dunia pun semakin rumit untuk dihadapi, “Jika saya menjadi manusia Indonesia untuk masa depan, terdapat beberapa nilai yang harus disiapkan,  karena modal sekolah saja tidak cukup,” katanya.

Jawabanya, kata dia, yaitu harus berkomunikasi dengan masyarakat dan mengkokohkan pendirian dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT,  “Insha Allah jika kita dekat dengan-Nya, hidup akan berjalan lancar,”katanya.

Ridwan menilai, ilmu yang paling susah di hidup ini adalah keseimbangan. Jadi untuk mahasiswa baru, sebagai individu yang paripurna itu memiliki IQ tinggi dan  ESQ tinggi. Ini, untuk menyeimbangkan dalam hidup. "Insha Allah jika seimbang, maka hidup kita akan lancar,” katanya.

Selama 71 tahun Indonesia merdeka, kata dia, mengalami inovasi yang baik. Karena, orang-orang sudah hebat menghasilkan inovasi, yaitu dikarenakan pergaulan zaman sekarang bisa mengetahui tingkat ekonomi hari ini dengan dunia digital yang semakin berkembang.   

Mahasiswa Unisba pun, kata dia, beruntung kuliah di Kota Bandung. Karena, sejak tiga tahun menjadi Wali Kota, Ia merancang kota dengan beberapa eksperimen. "Bisa disimpulkan Kota Bandung nyaman untuk berjalan kaki dan rekreasi bersama orang yang dicintai,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement