Ahad 18 Sep 2016 15:50 WIB

Turki Kirim 2.400 Paket Kurban Bagi Muslim Myanmar

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus Yulianto
Pengungsi Muslim Myanmar
Foto: AP
Pengungsi Muslim Myanmar

REPUBLIKA.CO.ID, YANGOON -- Dua organisasi amal Turki memberikan 2.400 paket daging kurban bagi umat muslim yang berada di Myanmar, khususnya wilayah Rakhine barat yang mengalami masalah kemanusiaan.

 Ketua Humanitarian Relief Foundation (IHH) Mucahit Demir di Myanmar mengatakan, Turki selalu membantu masyarakat Myanmar yang membutuhkan tanpa membedakan agama dan ras yang dimiliki. IHH, kata dia,  telah mendistribusikan 2.380 daging kurban untuk umat muslim di Myanmar.

"Jika kami berhasil membuat mereka tersenyum, kami turut senang. Kami akan terus membantu orang yang menderita di seluruh dunia," kata dia seperti dilansir dari aa.com.tr, Sabtu (17/9),.

Demir mengatakan, untuk menyalurkan daging kurban tersebut, anggota IHH langsung berangkat ke Rakhine, rumah bagi 1,2 juta muslim Rohingya. "Di sini, terutama di Rakhine, muslim hidup dalam kondisi yang sulit," jelas dia. Pada 2012, sebanyak  100 Muslim tewas dan 140 ribu lainnya mengungsi karena mengalami kekerasan dari mayoritas penduduk di Myanmar.

Wakil Ketua amal Turki lain, Sadakatasi Foundation, Ahmet Ozcan prihatin terhadap kondisi Muslim di Rakhine. Tahun ini, mereka menyumbangkan 84 paket kurban bagi muslim Rohingya. Sadakatasi bekerja sama dengan IHH untuk menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, khususnya umat muslim yang menjadi korban kekerasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement