Jumat 26 Aug 2016 10:55 WIB

Tiga Wasiat Rasulullah Agar Hidup Selamat Dunia Akhirat

Ustadz Muhajir Affandi
Foto: Irwan Kelana/Republika
Ustadz Muhajir Affandi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Rasulullah sangat sayang kepada umatnya. “Rasulullah memberikan banyak sekali wasiat kepada umatnya agar hidup selamat dan bahagia dunia dan akhirat,” kata Ustadz Muhajir Affandi saat mengisi pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/8/2016).

Muhajir menambahkan, salah satu  hadits Rasulullah SAW menyebutkan tiga wasiat agar hidup selamat dunia akhirat. “Pertama, bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, kapan pun dan dalam keadaan bagaimanapun,” ujjar Muhajir yang juga wakil dekan III FKIP Universitas Ibnu Khaldun  (UIKA) Bogor, Jawa Barat.

Wasiat kedua, kata Muhajir, ikutilah perbuatan burukmu dengan perbuatan baik, agar perbuatan  burukmu di masa lalu akan dihapus. “Setiap kita pasti pernah melakukan perbuatan buruk. Bahkan perbuatan buruk kita lebih banyak daripada perbuatan baik. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan kepada kita, ikutilah perbuatan buruk tersebut dengan melakukan berbagai perbuatan baik,” papar Muhajir.

Wasiat ketiga, Muhajir menambahkan, berinteraksilah dengan orang lain dengan akhlak yang mulia. “Akhlak yang mulia adalah mata uang yang berlaku di mana-mana. Dan kalau ketiga wasiat Rasulullah SAW ini kita laksanakan, insya Allah hidup kita selamat di dunia dan di akhirat,” tutur Ustadz Muhajir Affandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement