Rabu 03 Aug 2016 05:15 WIB

Paduan Mughal dan Italia di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sultan Omar Saifuddin
Foto: Wikipedia
Masjid Sultan Omar Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin masih menjadi masjid paling terkenal di Brunei Darussalam karena keindahan dan kemegahannya. Masjid mewah dengan kubah berlapis emas murni ini adalah masjid Kesultanan Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darrussalam.  

Masjid yang diberi nama sama dengan Omar Ali Saifuddien III, sultan Brunei ke-28, ini merupakan titik pemandangan Kota Bandar Seri Begawan yang melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam, sekaligus simbol Islam sebagai agama mayoritas dan agama resmi di negara ini.   

Tak heran bila masjid yang selesai dibangun pada 1958 ini termasuk salah satu dari sekian masjid yang paling mengagumkan di Asia Pasifik. Selain itu, ini juga bagian dari kiblat acuan arsitektur Islam modern abad ini.

Dengan kapasitas daya tampung hingga 3.000 jamaah secara bersamaan, masjid ini banyak diminati wisatawan. Setiap akhir pekan atau libur nasional, wisatawan berdatangan ingin melihat detail keindahan masjid yang didominasi warna putih ini.

Berdiri kokoh di atas lahan seluas lima hektare, paduan arsitektur Mughal dengan arsitektur Italia begitu kental terlihat. 

Arsitektur Mughal membalut kubah dan menara yang terpasung di setiap penjuru masjid, sementara arsitektur Italia tampak dari desain kotak dan 'leher' menara, penyangga kubah utama berbentuk silinder bersekat. Layaknya bangunan di Vatikan.

Sehingga, jika dilihat dari kejauhan, masjid ini seperti gedung Vatikan yang ada di pusat Roma dengan kubah utama tepat di tengah-tengah bangunan gedung.

Jika dibandingkan, sekilas memang tidak ada perbedaan pada dua hal ini antara Masjid Omar Ali Saifuddien dan gedung-gedung di Vatikan.

Namun, Masjid Omar lebih unggul karena ada dua paduan warna putih gading dan emas yang mengilat di atas kubah dan menara. Konon dari informasinya bahwa kubah masjid ini terbuat dari emas 24 karat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement