Kamis 21 Jul 2016 16:57 WIB

Ormas Islam Harus Dorong Kesadaran Umat Soal Makanan Halal

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
Makanan halal
Foto: Antara
Makanan halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ormas Islam memiliki kekuatan besar terhadap kehidupan umat. Termasuk soal kesadaran umat tentang makanan halal yang dirasa masih rendah.

Ketua Umum PP Salimah, Dra Hj Siti Faizah mengatakan, menjadi tanggung jawab ormas Islam mendorong kesadaran konsumsi makanan halal. Dorongan tersebut bisa berupa sosialisasi di majelis taklim atau pengajian.

"Ormas Islam justru harus merasa terpanggil untuk meningkatkan kesadaran umat akan pentingnya makanan halal," kata Faizah kepada republika.co.id, Kamis (21/7).

 

Faizah mengingatkan langkah peningkatan kesadaran umat itu tentu akan memiliki berbagai kendala, tapi harus bisa ditanggapi secara positif demi kehidupan umat. Terlebih, persoalan makanan halal tidak bisa mengandalkan pemerintah semata, yang semakin membuat vital peran ormas Islam.

PP Salimah sendiri September nanti akan menghelat workshop Koperasi Salimah (Kossuma) di Jakarta, yang mempertemukan 100 ukm makanan halal Salimah se-Indonesia. Selain peluncuran induk koperasi dan pematangan produk, workshop diharapkan bisa menciptakan pasar makanan halal sendiri di Indonesia. (wahyusuryana)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement