Rabu 20 Jul 2016 18:45 WIB

Ayam Kalasan dan Ikan Pepes Jadi Menu Pilihan Calon Jamaah Haji Jabar

Rep: Kabul Astuti/ Red: Achmad Syalaby
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta rombongan melakukan meal test alias mencicip makanan yang akan disajikan kepada calon jamaah haji. Meal test dilakukan usai melantik 394 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi pada Selasa (19/7).

Tersedia dalam kotak-kotak styrofoam, ada empat jenis makanan yang disediakan bagi calon jamaah haji. Dua di antaranya ayam kalasan dan pepes ikan. Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu pun turut serta mencicipi makanan yang nantinya akan disajikan bagi calon jamaah haji tersebut.

"Meal test-nya oke. Nggak ada masalah. Enak semuanya," komentar Aher dengan raut puas usai menjajal makanan, Selasa (19/7). Gubernur Jabar itu berulang kali menyebut-nyebut menu ayam kalasan yang menjadi pilihannya saat proses icip-icip.

Menurut dia, menu yang tersedia sudah memadai. "Makanan Indonesia hanya enak dan lebih enak lagi," imbuh dia. Aher lantas menyarankan calon jamaah haji supaya menghindari makanan-makanan pedas dan bersantan untuk mendukung kesehatan saat menjalankan ibadah haji. Rombongan langsung beranjak keluar usai melakukan meal test.

Total jumlah jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci, Makkah-Madinah, asal Provinsi Jabar sebanyak 29.652 calon jamaah dari 27 Kota/Kabupaten. Calon jamaah haji asal Jawa Barat akan masuk ke Asrama Haji Bekasi mulai 8 Agustus 2016. Mereka kemudian akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah dari tanggal 9 Agustus 2016.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement