Senin 11 Jul 2016 11:29 WIB

Hari Kemenangan Diaspora Indonesia di Negeri Seberang

Idul Fitri
Tokyo

Namun, hal berbeda justru dialami oleh sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang merantau jauh hingga ke negeri seberang, terlebih jika negara tersebut bukan negara bermayoritas pemeluk agama Islam.

Tentu selain masalah persiapan tranpsortasi, mereka juga dihadapkan dengan sejumlah kendala seperti pemahaman budaya yang berbeda hingga masalah administratif dari lingkungan.

Misalnya, yang dialami oleh salah seorang WNI yang kini berada di Tokyo (Jepang), Hanina Zakiyah yang telah menghabiskan beberapa bulan di negeri tersebut untuk bekerja.

Wanita yang berasal asal Kota Tangerang (Provinsi Banten) itu menceritakan, tentu ada suka maupun duka yang dialami oleh dirinya ketika harus berjauhan dengan keluarga saat Ramadhan maupun Idul Fitri.

"Yang paling terasa ya perbedaan suasannya, sangat kental sekali bedanya karena ada latar belakang budaya yang beda. Jadi tidak terasa seperti lebaran," ujar Hanina menuturkan saat dihubungi dari Jakarta.

Walaupun harus berjuang dengan perasaan dan suasana yang berbeda, namun Hanina mengaku mulai terbiasa dengan suasa puasa atau Lebaran di Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement