Senin 11 Jul 2016 11:21 WIB

Himpunan Dana Zakat RZ Meningkat Selama Ramadhan

Rep: Retno Wulandari/ Red: Agung Sasongko
Rumah Zakat
Foto: rumahzakat.org
Rumah Zakat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Direktur Utama Rumah Zakat (RZ) Nur Efendi mengungkapkan RZ berhasil meningkatkan penghimpunan dana zakat selama Ramadhan 1437 H/ 2016. Peningkatan mencapai 30 persen dari Ramadhan tahun lalu.

Menurut Nur Efendi, dana zakat yang terhimpun ini akan fokus disalurkan melalui empat program unggulan yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. 

"Program yang sudah disiapkan yaitu Senyum Juara dalam bidang pendidikan, Senyum Sehat dibidang kesehatan, Senyum Mandiri untuk bidang ekonomi dan Senyum Lestari dibidang lingkungan," ujar Nur Efendi kepada Republika, Senin (11/7).

Meski mengalami pengingkatan, Nur Efendi mengaku tidak ada penambahan program untuk mendistribusikan dana zakat. Sebabnya, pembuatan program baru hanya akan membuat tujuan pengentasan kemiskinan menjadi tidak fokus. 

Peningkatan penghimpunan ini akan dititikberatkan untuk mempercepat keberdayaan para mustahik yang biasanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk mandiri disegerakan menjadi dua tahun. Selain itu, RZ juga akan menambah penerima manfaat program dari 500 ribu mustahik menjadi 750 ribu mustahik pada tahun ini.

"Targetnya mengentaskan 1,5 persen dari total angka kemiskinan Indonesia," tutup Nur Efendi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement