Kamis 28 Apr 2016 12:24 WIB

Hamdan Zoelva: Mustafa Yaqub Ulama yang Sangat Disegani

Rep: C25/ Red: Indira Rezkisari
Jama'ah mendoakan almarhum ulama KH. Ali Mustofa Ya'Qub di Masjid Darussunnah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (28/4).Republika/Raisan Al Farisi
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jama'ah mendoakan almarhum ulama KH. Ali Mustofa Ya'Qub di Masjid Darussunnah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (28/4).Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepergian Ali Mustafa Yaqub meninggalkan duka yang amat mendalam. Bahkan, duka mendalam turut dirasakan orang-orang yang tidak mengenalnya secara pribadi.

Ketua Umum Syarikat Islam, Hamdan Zoelva, menilai Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok ulama yang sangat disegani, baik oleh umat Islam secara khusus maupun masyarakat Indonesia. Ia berpendapat, kesan itu didapatkan lantaran almarhum semasa hidup merupakan orang yang tegas dan tidak pernah sekadar mengikuti arus.

"Beliau ulama yang sangat disegani, pendapatnya sangat tegas dan tidak ikut arus," kata Hamdan, Kamis (28/4).

Meski tidak mengenal sosok mantan Imam Besar Masjid Istiqlal tersebut secara pribadi, Hamdan mengaku sangat dekat dengan sosok almarhum yang memang dekat dengan umat. Ia menuturkan salah satu kepribadian yang dipahami melekat pada diri almarhum, merupakan sosok ulama yang ilmu agamanya sangat luas dan mendalam.

Hamdan menambahkan Ali Mustafa Yaqub merupakan ulama yang termasuk modern, yang begitu dekat dengan media dalam mengurusi persoalan umat dan sosial. Maka itu, ia merasa tidak heran kalau peninggalan almarhum akan sangat dikenang umat Islam, serta masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.

Almarhum, lanjut Hamdan, senantiasa menganalisis persoalan secara mendalam, sehingga selalu memberikan pandangan yang sangat tepat terhadap suatu permasalahan. Ia menambahkan kepergian Ali Mustafa Yaqub merupakan kehilangan yang sangat besar, dan akan sulit menemukan sosok ulama sebesar almarhum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement