Rabu 20 Apr 2016 15:32 WIB

Bank Sampah Ini Juarai Lomba Gotong Royong se-Jatim

Bank Sampah Jatayu ICD Dandangan.
Foto: Rumah Zakat
Bank Sampah Jatayu ICD Dandangan.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Bank Sampah Jatayu ICD (Intergrated Community Develompment) Dandangan binaan Rumah Zakat (RZ) menjuarai lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur. ICD Dandangan menjadi wakil dari Kota Kediri bersaing dengan dua kota lainnya di Jawa Timur, yaitu Kota Blitar dan Kota Mojokerto.

Penilaian lomba ini difokuskan pada seberapa besar keterlibatan masyarakat dalam gotong royong dengan dukungan dari pihak pemerintah dan lembaga non pemerintah. Ada 3 aspek penilaian yang ditekankan, meliputi bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi sosial budaya, dan bidang lingkungan.

“Pada penilaian lomba pelaksanan gotong royong kali ini bank sampah Jatayu sebagai binaan RZ memiliki peran yang sangat besar dalam aspek penilaian bidang lingkungan,” ujar Ersanto, Koordinator Relawan RZ cabang Kota Kediri.

Bank sampah Jatayu berdiri atas kerja sama RZ cabang Kediri dengan masyarakat Kelurahan Dandangan, khususnya RW 09. Bank sampah ini memiliki variasi program dalam pelaksanaannya, salah satunya program sedekah sampah dari PAUD Ceria Gerdu Sehati yang merupakan nasabah sampah RZ sejak Oktober 2015.

Selain sedekah sampah, Bank Sampah Jatayu memiliki variasi program lain, yakni penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) berupa jahe merah sejak satu tahun yang lalu. Keberhasilan ICD Dandangan sebagai juara 1 Lomba Gotong Royong mengantarkannya mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju ke lomba tingkat nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement