Rabu 23 Mar 2016 16:13 WIB

Islam Rahmatan Lil Alamin Harus Masuk Keluarga dan Sekolah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Achmad Syalaby
Prof. Tutty Alawiyah
Foto: ROL/Agung Sasongko
Prof. Tutty Alawiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Pendidikan Islam Tutty Alawiyah mengatakan rahmatan lil alamin tidak hanya dijadikan bagian dari toleransi saja dalam pendidikan saja. Islam merupakan agama rahmat untuk alam semesta.

Tutty mengaku senang jika pemahaman Islam Rahmatan lil alamin ini diterapkan ke dalam pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah, baik sekolah umum maupun madrasah dan pondok pesantren. "Islam dipahami oleh kita smeua menjadi rahmat seluruh alam, sehingga penting bagi keluarga, media massa, pemerintah dan masyarakat untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak juga sekolah, madrasah dan pondok pesantren," ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (23/3).

Islam sejak lama sudah sangat toleran terhadap lima agama yang lain. Dalam artian, umat muslim itu memiliki hubunngan saling memahami dan menjaga ukhuwah sehingga tak cukup hanya dengan kurikulum saja.   

Islam yang dikembangkan di Indonesia adalah Islam yang moderat. Sehingga seharusnya seluruh umat dari lingkup keluarga memahami Islam moderat.  Tutty mengingatkan agar Islam jangan lagi dikaitkan dengan terorisme, ekstrimisme dan radikalisme. Meskipun saat ini masalah yang menghinggapi umat muslim selalu dihubungkan dengan terorisme.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement