Ahad 20 Mar 2016 07:16 WIB

Yordania Pasang Kamera Pengawas di Masjid Al-Aqsa

Rep: MGROL57/ Red: Agung Sasongko
masjid al aqsa
Foto: wordpress
masjid al aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Pemerintah Yordania akan meningkatkan pengamanan di sekitar Masjid Al-Aqsa. Dilansir dari Xinhua News, pihak keamanan negara menyatakan pada Rabu (16/3) lalu, mereka akan memasang kamera-kamera pengawas di sekitar halaman Masjid Al-Aqsa.

Pemasangan kamera tersebut dilakukan untuk mengawasi kemungkinan adanya serangan-serangan dari pasukan Israel yang hendak menguasai daerah tersebut. Menteri Negara Urusan Hubungan Media Yordania, Mohammad Momani, menyatakan kamera yang hendak mereka pasang akan membantu memantau penyerbuan pada masjid bersejarah tersebut.

Dengan adanya kamera-kamera pengawas diharapkan dapat mengakhiri penyerangan yang mengakibatkan kerusakan pada Masjid Al-Aqsa. "Kamera-kamera ini akan membantu kami memantau dan melaporkan pelanggaran atau serangan dari warga radikal Israel serta tentara Israel, dan mendokumentasikan pelanggaran yang mereka lakukan di halaman masjid," jelasnya.

Beberapa warga di sekitar Masjid Al-Aqsa berulang kali melaporkan adanya pertikaian antara jamaah Palestina di masjid dengan warga Israel yang menyerang halaman masjid. Menanggapi situasi itu, Momani menegaskan Yordania akan terus melindungi berbagai situs-situs suci di kota tersebut, termasuk Masjid Al-Aqsa.

Yordania yang telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel di tahun 1994 memiliki tanggung jawab untuk melindungi situs-situs bersejarah Islam dan Kristen di Yerusalem. Mereka akan menjaga tempat-tempat suci di kota yang diperkirakan akan menjadi pusat dari negara Palestina di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement