Jumat 04 Mar 2016 14:13 WIB

Berdosakah Suami yang Menolak Ajakan Istri Berhubungan Intim?

Rep: Hafidz Muftisany/ Red: Agung Sasongko
 suami istri (ilustrasi)
Foto:
Ilustrasi pasangan suami istri

Ustazah Herlini Amran dalam buku Fikih Wanita juga pernah ditanya hal yang sama. Menurutnya, saat pernikahan, ada hak dan kewajiban dari suami dan istri. Suami diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan istrinya.

Kebutuhan istri, papar Ustazah Herlini, tidak hanya dari segi pemenuhan lahiriah, seperti nafkah, pakaian, dan tempat tinggal, tapi juga pemenuhan kebutuhan batiniah, seperti rasa sayang sampai hubungan biologis yang menenteramkan. Allah SWT berfirman, "...dan gaulillah mereka (istri-istrimu) dengan cara yang makruf..." (QS an-Nisa [4]:19).

Seorang istri ketika dalam rumah tangga juga memiliki hak yang sama seperti halnya suami juga memiliki hak. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT, "Dan para wanita yang mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf..." (QS al-Baqarah [2]: 228).

Sependapat dengan Ustaz Muhsinin, Ustazah Herlini juga menyimpulkan suami akan berdosa jika tidak menunaikan kewajiban yang merupakan hak istri, salah satunya soal hubungan biologis. Sesibuk apa pun si suami baik dalam beribadah, bekerja, atau berjihad, tidak boleh menyebabkan ia lalai dalam melayani istrinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement