Jumat 26 Feb 2016 06:40 WIB

Alwi Shihab: Tugas Besar Umat Islam Sebarkan Ajaran Moderat

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Agung Sasongko
 Utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab
Foto: ROL/Damanhuri Zuhri
Utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab mengatakan tugas besar umat Muslim adalah untuk menyebarkan Islam yang ramah dan moderat.

"Tugas besar umat Islam saat ini yaitu bagaimana kita menyebarkan wajah Islam yang ramah dan moderat yang menjadi hasanah mayoritas umat Islam di dunia," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Alwi Shihab menyampaikan hal tersebut pada penganugerahan gelar Doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) dibidang Pendidikan Islam Interdisipliner kepada Grand Syeikh Al Azhar, Prof Dr Ahmad Muhammad Ahmad al-Thayyib yang akan diberikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara tersebut dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim, Wantipres KH Hasyim Muzadi, mantan Menteri Agama Dr KH Tochah Hasan dan para duta besar dan beberapa tokoh nasional. Dia menyampaikan saat ini umat Islam sedang dihadapkan pada kenyataan semakin menguatnya pemikiran dan gerakan Islam yang cenderung mengedepankan aspek-aspek kekerasan dan intoleransi di masyarakat.

Berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini di berbagai belahan dunia seolah-olah menjadi afirmasi atas ciri umat Islam yang sarat dengan kekerasan dan intoleransi. "Padahal kalau kita menelisik jauh kedalam masyarakat akan banyak kita temukan aspek-aspek 'genuine' (sejati) di dalam umat Islam yang menunjukkan masih berkembang sikap kearifan dan kasih sayang," jelasnya.

Terlebih, dalam dunia global seperti sekarang ini, interaksi antariman adalah sesuatu yang niscaya dan tidak terhindarkan. Dalam kondisi semacam itu, tidak bisa tidak umat Islam harus mengembangkan sikap-sikap yang ramah dan penuh toleransi sebagaimana telah diajarkan oleh Alquran dan Nabi Muhammad SAW.

Dalam sambutannya Grand Syeikh mengatakan dalam perjalanan sejarah Al Azhar bukan hanya institusi pendidikan, tapi institusi dakwah yang mengemban amanah untuk menyebarkan pemahaman keagamaan yang moderat dan mendorong terciptanya peradaban kemanusiaan universal sesuai dengan prinsip Ahlulsunnah Waljamaah.

Peran Al Azhar disebutnya adalah mengawal moderasi Islam dan peradaban dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement