Senin 11 Jan 2016 13:59 WIB

Relawan Rumah Zakat Bantu Korban Banjir Sijunjung

Relawan Rumah Zakat membagikan sumbangan bagi korban banjir Sinjunjung
Foto: Istimewa
Relawan Rumah Zakat membagikan sumbangan bagi korban banjir Sinjunjung

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Relawan RZ (Rumah Zakat) Cabang Padang menyalurkan bantuan berupa 60 paket beras masing-masing 5 kilogram untuk korban banjir di wilayah Sawahlunto. Bantuan diberikan untuk meringankan korban banjir di Kabupaten Sijunjung akibat hujan deras yang mengakibatkan longsor dan banjir hebat di wilayah tersebut.

Berdasarkan arahan dari petugas lapangan dan Wali Nagari Yuswir Arifin, sebanyak enam orang relawan RZ Padang menuju Kecamatan Kamang Baru, Kanagarian Siaua, Jorong Lemba Gunung. Akibat bencana tersebut, sebanyak 633 rumah dan 686 kepala keluarga menjadi korban dari dampak banjir tersebut.

“Menurut data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Red) Sijunjung, sebanyak lima kecamatan ikut terkena dampak dari bencana ini," ujar Hardiwan, Pihak dari BPBD Sijunjung, dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Senin (11/1).

Dia mengatakan, kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Kamang Baru dengan empat nagari, 539 rumah dan 589 KK. Lalu Kecamatan Tanjung Gadang dengan satu nagari, 53 rumah dan 56 KK; Kecamatan Kupitan dengan satu nagari, sembilan rumah dan sembilan KKK; Kecamatan Sumpur Kudus dengan tiga rumah dan tiga KK. Terakhir Kecamatan Sijunjung dengan satu nagari, 29 rumah dan 29 KK.

Selain bantuan beras, relawan RZ juga menyalurkan 60 paket bantuan yang masing-masing terdiri dari dua liter minyak goreng, satu kilogram gula dan satu kaleng susu untuk setiap KK. Ke depannya, para relawan akan melakukan siaga satu dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga volume banjir malah akan terus bertambah.

“Arus banjir semakin deras, membuat air masih meluap dan menggenangi rumah warga. Ketinggiannya mencapai satu meter. Jika air bah tersebut datang lagi, kami para relawan siap dipanggil oleh BPBD Sijunjung untuk membantu proses evakuasi,” ujar Fandro, Koordinator Tim Lapangan dari RZ.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement