Ahad 27 Dec 2015 13:36 WIB
Catatan Akhir Tahun 2015

Indonesia Bakal Jadi Ibu Kota Halal Dunia

Produk Halal
Foto:
Halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman yang juga menjadi pembicara dalam forum itu meminta pemerintah untuk mengakselerasi perkembangan produk halal di Indonesia. Ia menilai, Indonesia perlu segera menangkap peluang industri halal global.

"Kita tertinggal. Ada kemajuan, tapi sangat lambat. Harus diakselerasi," ujar Sohibul. Ia menilai, Indonesia justru menghadapi ironi dalam perkembangan produk halal. Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia namun sayangnya tidak semaju negara-negara seperti Jepang dan Inggris dalam melihat produk halal.

Ia mengisahkan, ketika hidup di Jepang selama 10 tahun hingga pertengahan 1990-an, sulit untuk mendapatkan daging halal. Ia bahkan harus membeli ayam dan menyembelihnya sendiri untuk mendapatkan daging yang halal. Akan tetapi, kini hal itu telah berubah. "Kini, mencari makanan halal di Jepang jauh lebih mudah," katanya.

Hal itu, menurut Sohibul, membuktikan bahwa Jepang melihat peluang pasar yang besar. Menurutnya, apa yang dilakukan Jepang harus menjadi pemicu bagi Indonesia untuk tampil lebih maju dalam produk halal. .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement