Rabu 09 Dec 2015 14:16 WIB

Wafatnya Sang Pelopor Dakwah Modern

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Ustaz Toto Tasmara
Foto: dok. Republika
Ustaz Toto Tasmara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Almarhum Toto Kasmara merupakan cikal bakal pendakwah yang membaur dengan objek sasarannya. Ia dikenal dengan pendakwah yang bersorban sekaligus tanpa segan menggunakan jins ketika mensyiarkan ajaran Islam pada masyarakat umum.

"Dia di kalangan anak muda sudah sepertisuperstar," ujar sahabat karib Almarhum Firdaus Alamhudi di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Rabu (9/11).

Almarhum tidak membuat gambaran bahwa seorang pendakwah identik dengan pakaian serba rapi. Justru dengan menggunakan jins, dia mengatakan, Toto dapat memasuki kalangan anak muda untuk mengajak mengenal Islam lebih dalam.

Ia mengaku kaget dengan kabar meninggalnya Ustaz yang dikenal dengan Dakwan on The Street. Terlebih lagi dengan cara kepergiannya di saat akan akan menshalatkan jenazah keponakannya.

"Apalagi setelah shalat Dzuhur, kematian model begini jadi keinginan semua orang," ujar seniman pelukis bulu itu. 

(Baca Juga: Innalillahi, Ustaz Toto Tasmara Wafat Saat akan Shalati Jenazah Keponakannya).

Melihat meninggalnya sahabat dengan cara yang sangat baik, ia merasa mendapatkan nasehat yang luar biasa. Melalui kejadian itu. Ia menilai semua orang seakan sedang diingatkan jika seseorang istiqomah melakukan kebaikan maka akan mendapatkan karunia.

(Baca Juga: Toto Tasmara Mengader Anak Muda untuk Berdakwah). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement