Selasa 08 Dec 2015 16:32 WIB

Innalillahi, Ustaz Toto Tasmara Wafat Saat akan Shalati Jenazah Keponakannya

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Ustaz Toto Tasmara
Foto: dok. Republika
Ustaz Toto Tasmara

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG -- Ajal memang rahasia Allah SWT. Hal inilah yang dialami Ustaz Toto Tasmara, seorang mubaligh dan pengembangan sumber daya manusia Islami. Toto menghembuskan nafas saat saat hendak melakukan shalat jenazah, Selasa (8/12) siang.

Ustaz Toto dikenal banyak kalangan sebagai pendakwah yang memiliki banyak aktivitas mengajak kaum muda ikut mensiarkan Islam melalui Dakwah at Mall (DAM) dan Dakwah on the Street (DOS). Adik Kandung Ustaz Toto Tasmara, Indra Jaya mengakui bahwa Ustaz Toto meninggal dunia saat akan menshalatkan jenazah keponakannya.

"Saat itu sedang Shalat Dhuhur dan akan dilanjutkan Shalat Jenazah. Namun Ustaz Toto tiba-tiba pingsan di beberapa rakaat terakhir Shalat Dhuhur," katanya kepada Republika.co.id, Selasa (8/12). 

Indra menceritakan almarhum pada Selasa pagi bertolak ke Palembang untuk melayat sekaligus menshalatkan keponakannya Tiara Kamila Nurman yang meninggal dunia. Indra mengatakan, setelah tiba di rumah duka pada Selasa pagi, Ustaz Toto berusaha menguatkan keluarga yang ditinggalkan. Dia juga sesekali memberikan tausiah untuk menguatkan keluarga.

 

Sesuai rencana Ustaz Toto akan memimpin keluarga Shalat Dhuhur dan Shalat Jenazah di masjid terdekat. Namun Allah berkehendak lain. Di saat akan menyelesaikan Shalat Dhuhur, Ustaz Toto terjerembab jatuh pingsan. Mengetahui kondisi ini pihak keluarga langsung bergegas untuk mengecek kesehatan beliau.

Rencananya, jenazah Ustaz Toto akan diberangkatkan dari Palembang Selasa (8/12) pukul 19.00 WIB. Menggunakan pesawat komersil Garuda Indonesia. 

Indra mengungkapkan saat itu ada dari keluarga yang juga dokter mengecek kondisi beliau. "Tapi Almarhum sudah tidak bernafas lagi, dan saat itu dinyatakan meninggal dunia," katanya. 

Rencananya, jenazah Ustaz Toto akan diberangkatkan dari Palembang Selasa (8/12) pukul 19.00 WIB. Menggunakan pesawat komersil Garuda Indonesia. Jenazah akan disemayamkan di kediamannya Jalan Flamboyan Asri D3 No 23 Rempoa, Tangerang Selatan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement