Selasa 08 Dec 2015 10:17 WIB

Pengaruh Islam di Portugal dari Buku Resep Hingga Dekorasi

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/15/12/08/nz0khz313-warisan-budaya-muslim-portugal-terlupakan
Foto: Wikipedia
http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/15/12/08/nz0khz313-warisan-budaya-muslim-portugal-terlupakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli geografi Maroko abad ke-12, al-Idrisi, pernah mendeskripsikan sebuah kota di bagian selatan Portugal, Algarve, sebagai kota cantik yang dikelilingi oleh kebun dan taman-taman beririgasi. Inovasi di bidang pertanian ini mungkin salah satu sumbangan terbesar orang Arab kepada Portugal.

Warna, aroma, dan cita rasa kuliner Portugis juga meninggalkan jejak orang-orang Arab. Banyak nama Portugis untuk ikan, seperti atum (Inggris: tuna, Arab: al-tun), savel (shad, shabal), bahkan alineilon (clams, al majjah) menunjukkan asal-usul nama hewan laut di Portugal. Selain itu, banyak pula kue yang terbuat dari almond, telur, yogurts, dan madu.

(Baca: Warisan Budaya Muslim Portugal Terlupakan)

Sosiolog Brazil, Gilberto Freyre, mencatat dalam karya klasiknya The Masters and The Slaves (1933) bahwa buku resep Portugis kuno penuh dengan resep-resep Arab yang dengan mudah disebut domba Moor, sosis Moor, ikan Moor, kaldu Moor, dan seterusnya.

Dalam hal dekorasi, sebuah tradisi dekoratif Arab yang telah bertahan menjadi identitas Portugis modern adalah ubin hias azulejos (al-zulayi, "batu dipoles"). Dinding-dinding rumah, gereja, tempat publik, hingga stasiun kereta api menampilkan ubin berwarna-warni ini dalam pola geometris yang indah.

Loule, peninggalan benteng abad ke-12 yang masih tersisa, adalah sebuah kota dengan rumah-rumah yang dihiasi teras dan cerobong asap warna-warni. Kota ini merupakan salah satu sudut terindah dari Algarve.

Demikian pula, Olhao dan Tavira yang menyimpan jalan-jalan sempit dan bangunan khas Moor. Puncaknya, Silves atau Shalb, mantan ibu kota Algarve. Kota ini pernah bersaing dengan Cordoba dalam hal intelektualitas. Mistikus Ibn Qasi, raja penyair dari Seville, al Mu'tamid, dan penyair Ibn Ammar lahir di kota ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement