Jumat 04 Dec 2015 20:55 WIB

WNI di Saudi Gelar Shalat Ghaib untuk Slamet Effendy Yusuf

Slamet Effendy Yusuf
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Slamet Effendy Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi melakukan shalat ghaib untuk Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) almarhum KH Slamet Effendy Yusuf di Masjid Indonesia Al-Naashiriyyah, Jeddah, Jumat Malam.

"Pelaksanaan shalat ghaib bagi almarhum KH Slamet Effendy Yusuf ditunaikan seusai shalat Jumat waktu setempat," kata Ketua Pengurus Cabang Istimewa NU Arab Saudi KH Ahmad Fuad saat menghubungi Antara di Bogor, Jumat.

Masjid Al-Naashiriyyah terletak di kompleks Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), yang dikelola oleh Pengurus Cabang Istimewa NU Arab Saudi.

"Kami merasa sangat kehilangan almarhum. Shalat ghaib sebagai upaya doa, agar ibadah dan amal salih selama hidupnya diterima oleh Allah SWT," katanya. Bagi Fuad, Slamet dikenal sebagai sosok aktivis tangguh NU yang sangat peduli kaderisasi.

Rekam jejaknya dalam berkiprah di ormas Islam terbesar di Indonesia terbilang panjang, dimulai dari jenjang paling bawah (ranting) hingga ke PBNU.

"Mas Slamet aktif di semua sayap kaderisasi NU, mulai IPNU, PMII hingga menjadi Ketua Umum PP GP Ansor," katanya.

Selain aktif di NU sejak usia remaja, Slamet Effendy juga dikenal sebagai politisi Golkar. Ia tercatat sebagai anggota DPR RI periode 1992-2009.

Kiprah lainnya, yaitu sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia pusat periode 2009-2014. "Saya mengenal almarhum dengan baik. Saat beliau haji atau umroh selalu bertemu di Tanah Suci. Kami mendoakan agar beliau diterima di sisi Allah SWT," katanya.

Bagi Fuad yang alumni IPB itu, Slamet Effendy Yusuf adalah sosok yang konsisten dalam memperjuangkan masalah kebangsaan dan terwujudnya Islam "rahmatan lil 'alamin" di bumi Nusantara.

Slamet Effendy Yusuf meninggal di Bandung, Kamis (3/12), saat mengikuti kegiatan lembaga pengkajian MPR.

Jenazah almarhum dikebumikan di kampung halamannya di Desa Karang Cengis, Ajibarang, Purwokerto, Jawa Tengah.

Selain melakukan shalat ghaib bagi Slamet Effendy Yusuf, jamaah Masjid Indonesia Al-Naashiriyyah Jeddah pada kesempatan yang sama juga melakukan shalat untuk almarhum Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, KH Noor Cholis Tisnawan, yang wafat pada Jumat pagi.

"Kami berdoa almarhum Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Noor Cholis Tisnawan yang wafat pada Jumat pukul 13.30 WIB. Semoga amal ibadah beliau juga diterima Allah SWT," ujar Ahmad Fuad.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement