Rabu 02 Dec 2015 14:42 WIB

Profesor Jepang Ini Akui Indonesia Patut Jadi Contoh Keberagaman

Rep: c35/ Red: Andi Nur Aminah
Hisanori Kato dari Chuo University Jepang
Foto: ROL/Afif Rahman Kurnia
Hisanori Kato dari Chuo University Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Profesor Chuo University, Jepang, Hisanori Kato mengagumi keberagaman dan prinsip Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki Indonesia. Karena itu, dia mengatakan, Islam di Indonesia harus menjadi teladan bagi dunia dalam menghadapi keberagaman dan menciptakan  perdamaian dunia.

"Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara lain karena Indonesia bisa menghargai Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya saat konferensi pers usai International Public Lecture di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, (Selasa (1/12).

Dia tidak sepakat jika Indonesia dinilai lebih rendah dari negara barat dalam hal perilaku masyarakatnya. Karena baginya, Indonesia dengan penduduk mayoritas Muslim memiliki ajaran agama yang sangat positif bagi kehidupan sosial. Sehingga jika hal itu benar-benar diterapkan dengan baik, maka akan berdampak pula pada perekonomian Indonesia.

(Baca Juga: Profesor Ini Lebih Kagum Muslim daripada Orang Jepang).

Sementara itu kondisi di negara-negara barat juga sedang mengalami permasalahan ekonomi dan sosial. Dimana kebiasaan orang barat menurut dia selalu mementingkan hak pribadi dan menjunjung tinggi kebebasan berperilaku. Itulah juga yang membuat terjadinya pelecehan terhadap Islam di barat. Dan dia sebagai umat Budha juga tidak terima jika simbol Islam dilecehkan oleh mereka.

(Tonton juga penuturan Professor Kato: Tidak Mungkin Islam Dukung Gerakan Radikal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement