Ahad 29 Nov 2015 21:53 WIB

Menaklukan Obyek Wisata Sejarah di Kairo

Peta Kairo, Mesir,
Foto:
Peziarah melintas didepan bangunan makam Imam Syafi’i di Kairo, Mesir, Selasa (9/9). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu tempat wisata yang menarik adalah ziarah ke petilasan salah satu Imam Mazhab Fikih yang terkemuka. Namanya Muhammad bin Idris as-Sya’?. Letak makamnya di kota tua di jantung Kairo. Yakni, di distrik Sayyeda Aisha di pinggiran Kairo. Dari perkotaan kawasan ini bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

Distrik ini merupakan tujuan berplesiran warga lokal. Selain karena merupakan area pemakaman sejumlah figur tokoh dan ulama berpengaruh, di tempat ini terdapat pasar tradisional.

Barang yang dijajakan pun bermacam-macam. Mulai dari makanan, sayur, perkakas baru ataupun bekas, hingga satwa hidup dilelang di sini. Tak jauh dari area ini, berdiri pula Masjid Ali Sultan.

Dari ujung jalan utama, perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dan, dalam perjalanan menuju Makam Syafi’i sempatkan mengunjungi Makam Imam Jalaluddin as-Suyuthi salah seorang ulama multitalenta asal Mesir.

Di lokasi ini pula terdapat makam guru Imam Syafi’i. Ia adalah Imam Waqi’ yang disebut dalam bait syair al-I’tiraf yang sangat populer. “Aku mengadu ke Waqi’ lemahnya hafalanku. Ia memberiku saran agar me ninggalkan segala bentuk maksiat.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement