Rabu 17 Apr 2019 16:51 WIB

Bangunan-Bangunan Megah di Kairo

Bangunan-Bangunan megah ini yang menjadikan Kairo berjuluk Kota Seribu Menara.

Pemandangan kota Kairo
Pemandangan kota Kairo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan Kairo dimulai ketika bunyi lonceng terdengar. Para pekerja yang terlibat menggali hingga berwujud kota pemerintahan yang megah.

Berdirinya pusat kekuasaan di Kairo disertai dengan perkembangan lainnya. Para seniman, misalnya, berduyun mendatangi kota itu mengadu peruntungan. Banyak bangunan berarsitektur Islam indah bermunculan hingga kota ini dise but sebagai kota seribu menara.

Baca Juga

Khalifah Dinasti Fatimiyah al-Muizz memutuskan tinggal di istana yang dirintis oleh jenderalnya itu. Ia pindah ke Kairo. Menurut Beeson, penataaan kawasan istana dan kota sangat mengesankan dan kini masih bisa dilihat di kawasan Bab al-Futuh hingga Bab Zuwayla, serta dari Bab al-Ghu rayyib sampai luar Masjid Al-Azhar di Khalq Street.

Kala itu, di sekitar kawasan itu, terlihat dinding tebal dan tujuh gerbang untuk akses masuk dan jalan keluar. Bagian lainnya adalah sebuah lapangan seluas setengah mil persegi yang disebut dengan rahba. Begitu luasnya, lapangan ini bisa memuat parade 10 ribu tentara. Di sisi timurnya terdapat Istana al-Muizz yang luasnya seperlimanya.

Sejarawan Makrizia memperkirakan, ada sekitar 4.000 kamar di dalamnya. Ruang istana dilengkapi aula dengan pilar dari marmer. Ia menyebutkan, ada aula dengan julukan aula emas yang merupakan sebuah paviliun di mana singgasana berada. Khalifah selalu dikelilingi oleh para pejabat dan pengurus istana. Nasir Khusrow memberikan kesannya. Dari kejauhan tampak seperti gunung menjulang.

Kemegahan arsitektur bangunan istana diungkapkan pula oleh William dari Tirus yang singgah di sana pada 1168 sebagai duta tentara Salib. Dalam catatannya, Istana al-Muizz dipenuhi koridor panjang dan banyak pintu yang dijaga pengawal. Ia melihat ruang pengadilan yang terbuka luas dengan tiang terbuat dari marmer.

Bangunan agung lainnya adalah Masjid Al-Azhar yang dibangun antara tahun 970 dan 972. Meski masjidnya saat ini telah mengalami pemugaran, bentuknya masih dipertahankan seperti awalnya. Dalam masa lima tahun setelah pembangunannya, putra sang khalifah yang bernama al-Aziz mendedikasikan masjid tersebut sebagai pusat belajar.

Langkah tersebut dilestarikan hingga masamasa berikutnya. Al-Azhar menjadi sebuah pusat teologis utama Islam. Para siswa dari seluruh dunia berdatangan untuk mempelajari teologi, hukum dan tradisi, bahasa Arab, tata bahasa, dan retorika. Dinasti Fatimiyah telah membawa Mesir melambung dan beroleh pengakuan, baik dari dunia Islam maupun di luar dunia Islam.

Nama al-Muizz dan putranya, al-Aziz, berperan penting dalam mengukir sejarah itu. Meski sang ayah hanya memerintah di sana selama dua tahun, dia telah membuka jalan bagi penerusnya. Dan, al-Aziz yang memerintah selama 21 tahun benar-benar mampu meneruskan dasar pemerintahan yang baik dari ayahnya. Ia menghadirkan perdamaian dan kemakmuran bagi rakyatnya.

Al-Aziz juga mengembangkan arsitektur Islam dengan membangun istana. Ia mendirikan Masjid al-Hakim yang mempunyai kubah unik. Pada masa itu, contoh pengembangan kubah dari tradisi Islam Dinasti Fatimiyah di Kairo ditemukan pada Masjid al-Azhar, al-Hakim, dan al-Guyushi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement