Kamis 19 Nov 2015 11:55 WIB

9 Pertanyaan Wajib Bagi Seorang Mualaf

Komunitas mualaf AS
Foto:
Muslim AS

3.    Siapkah dengan gaya hidup yang baru?

Memeluk agama Islam bukanlah sebatas ritual. Setiap Muslim wajib mempraktikkan ajaran kebaikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menyeimbangkan hubungan dengan Allah SWT (habluminallah) dan sesama manusia (habluminannas).

Kewajibannya pun banyak, mulai dari shalat lima waktu dalam sehari, berpuasa Ramadhan, bersyahadat, berzakat, dan berhaji. Semuanya dilakukan tidak hanya sebagai bentuk ibadah bagi Allah SWT semata, tapi juga ada sisi kemanusiaan dalam praktiknya.

Bagi mualaf yang telah terbiasa menjalani kehidupan ala masyarakat Barat, memusnahkan kebiasaan minum minuman beralkohol dan tidak makan daging babi mungkin butuh waktu. Namun, dengan keyakinan bahwa semuanya demi kebaikan jiwa dan raga, para mualaf akan nyaman menjalaninya.

4.    Apakah sudah memutuskan bergabung dengan komunitas Muslim?

Islam meganut konsep komunitas Ummah yang menginginkan persatuan. Namun, kenyataannya, bermunculan kelompok-kelompok  Muslim yang berbeda konsep.

Agar lebih berimbang, sebaiknya mualaf mencoba bertanya langsung kepada komunitas-komunitas yang diminati ataupun bertanya kepada imam di Islamic Center tentang ragam aktivitas mereka. Supaya Anda bisa memilih kelompok mana yang memang sesuai dengan kebutuhan serta mampu mengantar Anda menjadi seorang Muslim yang sejati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement