Selasa 20 Oct 2015 08:29 WIB

Video Merekam Serangan Islamofobia di London

Rep: c25/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Foto: Bosh Fawstin
Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Sebuah video merekam serangan Islamofobia di London. Seorang pria yang diduga berasal dari Turki menjadi korban serangan Islamofobia dalam video tersebut.

Dilansir dari Anadolu Agency, video yang beredar pada Ahad (18/10) lalu itu menunjukkan seorang pria kulit hitam yang melakukan penghinaan verbal di sebuah bus tingkat di London, kepada seorang pria lain yang diduga berasal dari Turki.

Penyerang kulit hitam itu kemudian terlihat melempar sesuatu milik penumpang keluar dari bus. Serangan itu terjadi di Tottenham, daerah utara dari London dengan populasi etnis Turki yang signifikan, dan terekam pada hari Sabtu (17/10).

"Rekaman video ini, yang mencakup pelecehan rasis dan Islamofobia, telah diamankan polisi," kata Kepolisian Metropolitan dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan para penyelidik sedang memastikan rekaman itu terjadi kapan dan di mana. Video berdurasi tiga menit itu muncul di situs 5Pillars, yang menunjukkan penyerang berteriak pada seorang pria di bus. "Tidak ada yang mengerti Anda. Kembali ke Turki," kata penyerang itu dalam video yang beredar.

Video kemudian menunjukkan penyerang melemparkan alat bantu jalan, yang diduga milik korban, keluar dari bus.

Video ini semakin menambah serangan Islamofobia, setelah pekan lalu sebuah video juga memperlihatkan dua wanita Muslim, salah satunya hamil, menjadi korban Islamofobia oleh wanita lain di bus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement