Rabu 14 Oct 2015 08:02 WIB

Ribuan Warga Sukabumi Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Pawai Obor (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Pawai Obor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Ribuan warga Kota Sukabumi mengikuti pawai obor keliling kota untuk menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriah Selasa (13/10) malam. Mereka meluapkan kegembiraan dalam menyambut tahun baru dalam kalender Islam tersebut.

Warga memulai pawai obor di depan Balai Kota Sukabumi Jalan R Syamsudin SH sekitar pukul 20.00 WIB. Peserta pawai obor terdiri dari para pelajar, mahasiswa, santri, pegawai negeri sipil, aparat TNI/Polri, organisasi massa Islam, dan elemen masyarakat lainnya.

Pelepasan pawai obor ini langsung dilakukan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz dan dihadiri Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Arm Syaiful dan Kapolres Sukabumi Kota Sukabumi AKBP Diki Budiman.‘’ Acara pawai obor menyambut Tahun Baru Iskam kali ini makin semarak,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz saat memberikan sambutan dalam acara pawai obor.

Hal ini dikarenakan antusiasnya warga yang ikut berpartisipasi dalam perayaan tahun baru Islam. Menurut Muraz, jalannya pawai obor ini berlangsung tertib dan lancar. Fenomena ini menunjukkan bahwa umat Islam merayakan Tahun Baru Islam dengan memberikan kenyamanan kepada masyarakat lainnya.

Kabag Adiministrasi Kesra Setda Kota Sukabumi Dede Nurdin menerangkan, rute pawai obor ini melintasi jalan utama Sukabumi yakni Jalan R Syamsudin, Jalan Suryakencana, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Siliwangi, dan terakhir di Jalan Syamsudin. Diperkirakan jumlah warga yang ikut pawai obor ini mencapai sekitar 10 ribu orang.

Sebelum pawai obor, Dede melanjutkan, warga Sukabumi menggelar sujud syukur di masjid yang ada di lingkungan Pemkot Sukabumi. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement