Selasa 22 Sep 2015 14:23 WIB

Tokoh Agama Jamin Keamanan Shalat Id di Tolikara

Rep: Agung Sasongko/ Red: Indah Wulandari
  Imam Masjid Al Mutaqin Tolikara Ali Mukhtar (kanan) menyampaikan pemaparannya saat berdiskusi dengan tema
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Imam Masjid Al Mutaqin Tolikara Ali Mukhtar (kanan) menyampaikan pemaparannya saat berdiskusi dengan tema "Intoleransi di Tolikara" yang diadakan di Jakarta, Jumat (11/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Masjid Muttaqin, Tolikara Ali Muchtar melakukan pertemuan dengan tokoh agama, termasuk pimpinan Gereja Injili di Indonesia (GIDI), anggota DPRD Tolikara, dan Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo di Jayapura, Senin (12/9) malam.

Dalam pertemuan itu, para tokoh agama, anggota DPRD, dan Bupati sepakat menjamin keamanan pelaksanaan shalat Idul Adha 1436 H.

"Pertemuan tadi malam memastikan keamanan shalat Id," ungkap Ali Muchtar, Selasa (22/9).

Selain itu, pihak GIDI melalui presidennya, Pendeta Dorman Wanimbo berjanji akan menyerahkan lima ekor sapi untuk kurban. Penyerahan sapi tersebut dilakukan Rabu (23/9) besok.

Terkait persiapan Idul Adha, Ali mengungkap hingga H-4 masjid dan fasilitasnya sudah siap. Pangdam Cendrawasih bahkan telah meninjau lokasi sebelumnya guna memastikan persiapan shalat Idul Adha.

Untuk keamanan, Ali mengungkap tidak ada pengamanan berlebihan pada pelaksanaan Shalat Idul Adha. "Pengamanan biasa saja. Tidak ada pengamanan khusus baik dari TNI dan Polri," ungkapnya.

Ali mengungkap, pertemuan yang berlangsung 30 menit itu tidak direncanakan sebelumnya. Namun, Ali mengaku setiap kali ke Jayapura selalu bertemu dengan tokoh-tokoh agama.

"Harapan saya, segala sesuatunya berjalan aman seperti apa yang sudah disepakati sebelumnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement