Rabu 02 Sep 2015 13:32 WIB

Komunikasi Bisa Memakmurkan Masjid

Salah satu kegiatan jamaah masjid
Foto: antaranews
Salah satu kegiatan jamaah masjid

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Memakmurkan masjid memerlukan dukungan yang besar dari pengurus dan jamaah masjid.

“Masjid tidak akan makmur apabila pengurusnya tidak aktif, tapi meskipun pengurusnya aktif tetap saja masjid tidak bisa makmur bila tidak ada dukungan penuh dari jamaah. Disinilah letak pentingnya komunikasi kemasjidan, yakni komunikasi yang mengena di antara para pemakmur masjid,” terang Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ahmad Yani dilansir dari website dmi.or.id, Rabu (2/9).

Ketidakaktifan anggota pengurus atau jamaah, salah paham tentang sesuatu hingga terjadinya konflik antarsesama pengurus atau pengurus dengan pengurus atau pengurus dengan jamaah, menurutnya, karena komunikasi yang tidak baik.

Forum yang paling tepat untuk menyamakan persepsi dan strategi percapaian pemakmuan masjid, ujarnya, adalah rapat pengurus masjid.

“Dalam  rangka membangun persepsi yang utuh tentang masjid yang ideal, pengurus masjid juga perlu mengadakan ceramah-ceramah atau khotbah yang membahas tentang tanggung jawab memakmurkan masjid dan bagaimana memakmurkannya atau bisa juga dengan menyelenggarakan seminar tentang manajemen masjid,” tegas Yani.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement