Selasa 18 Aug 2015 15:00 WIB

Sejarah Palestina Jadi Tanah yang Dijanjikan (Habis)

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Yerusalem Timur
Foto: worldbulletin.net
Yerusalem Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Risalah Nabi Ibrahim AS (1997-1822 SM) di Kanaan bertujuan menyebarkan paham tauhid dan mengikis praktik-praktik pemujaan terhadap dewa-dewa. Dalam buku Sejarah Nabi-nabi Allah, Ahmad Bahjat, mengungkapkan bahwa saat itu Ibrahim AS menghadapi tiga kelompok penganut agama.

Kelompok pertama menyembah patung-patung yang terbuat dari kayu dan batu. Kelompok kedua menyembah benda-benda langit. Dan, kelompok ketiga menyembah raja-raja atau penguasa.

Paham tauhid Ibrahim itu kemudian disebarkan oleh putra-putranya, Nabi Ismail AS (1911-1774 SM) dan Nabi Ishak AS (1897-1717 SM), yang kelak melahirkan agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Putra Nabi Ishak, yaitu Nabi Ya'qub (1837-1690 SM) bergelar Israel, yang dalam bahasa Ibrani berarti roh Allah. Dialah yang menjadi nenek moyang Bani Israel.

Nabi Ya'qub dan putra-putranya hidup di Kanaan sebelum datangnya masa paceklik. Disebutkan dalam Kitab Perjanjian Lama, sebagaimana dikutip oleh Ahmad Al-Maghluts dalam Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Ya'qub memiliki 12 putra. Kelak mereka menurunkan suku-suku Bani Israel yang menyebar ke seluruh dunia.

Sekitar tahun 1750 SM, ketika Kanaan dilanda paceklik, 12 putra Ya'qub AS bermigrasi ke Mesir. Pada mulanya mereka hidup makmur di Mesir, tapi lambat laun kondisi mereka merosot tajam hingga mereka menjadi budak di negeri Firaun itu.

Pendek cerita, pada tahun 1250 SM, mereka dibawa keluar dari Mesir oleh Nabi Musa AS menuju ke Palestina. Dalam pandangan mereka, Palestina itulah tanah yang dijanjikan Tuhan.

Armstrong menuturkan, Musa meninggal sebelum orang-orang Israel tiba di tanah yang dijanjikan itu. Yosua mengambil alih kepemimpinan dan menyerbu Kanaan, menduduki negeri itu dengan pedang atas nama Tuhan. Dia tidak menyisakan satu orang pun dalam keadaan hidup. Ia pun membagi wilayah Kanaan kepada 12 suku untuk Bani Israel. Peristiwa ini diperkirakan terjadi pada tahun 1200 SM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement