Senin 17 Aug 2015 06:11 WIB

Mukernas Ulama Alquran akan Bahas Langgam Nusantara

KH. Ali Mustafa Yakub
Foto: Republika/Damanhuri Zuhri
KH. Ali Mustafa Yakub

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Dr Muchlis Hanafi mengungkapkan, sejumlah tema akan dibahas dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Alquran di Bandung, 18-21 Agustus 2015.

''Mukernas Ulama Alquran di Bandung akan membahas sejumlah tema, antara lain, Revolusi Mental dalam Perspektif Alquran dengan narasumber Prof Dr HM Quraish Shihab, Direktur Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta,'' ungkap Muchlis kepada Republika, Senin (18/8).

Selain itu, akan dibahas tema Mushaf Alquran Standar Indonesia dalam Tinjauan Ilmu Rasm, Dhabth, dan Waqf-Ibtidà, dengan narasumber Prof Dr H Said Agil Husin Al-Munawar, Dr KH Ahsin Sakho Muhammad dan Dr H Ahmad Fathoni.

''Mukernas Ulama Alquran juga akan membahas Langgam Bacaan Alquran Nusantara dengan menghadirkan Prof Dr KH Ali Mustafa Yakub sebagai nara sumber,'' kata Muchlis menjelaskan.

Tema lainnya yang akan dibahas para ulama Alquran di Bandung, adalah Pengawasan Peredaran Mushaf Alquran Cetak dan Digital, dengan narasumber Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Mukernas Ulama Alquran diikuti 100 peserta dari 21 provinsi di Indonesia, terdiri dari para ulama, akademisi, dan pemerhati kajian tafsir dan ilmu Alqur'n dari berbagai unsur: Kementerian Agama RI, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Perguruan Tinggi Umum,

Juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Pengasuh Pondok Pesantren Alquran, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pusat Studi Alquran (PSQ), dan sebagainya.

Muchlis menyebutkan, Mukernas ini mendapat kehormatan dengan kehadiran Prof Dr Maryam Eit Ahmad, Guru Besar Pemikiran Islam dari Universitas Ibnu Thufail Kerajaan Maroko, yang akan menyampaikan paparan berjudul Minal hifzh ilâ al-Tanzîl, Qirâ`ah Maqâshidiyyah fi al-Qur`ân al-Karîm” (Dari Hafalan Menuju Amalan Praktis, Pembacaan Alquran berbasis Maqashid Syariah).

Sebelum para peserta memberikan saran guna perbaikan dan penyempurnaan Tafsir yang diterbitkan Kementerian Agama, paparan tentang metode tafsir Kementerian Agama akan disampaikan Prof Dr Thomas Jamaludin, Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), yang mewakili Tim Tafsir Ilmi, dan Dr Muchlis M Hanafi MA, Ketua Tim Tafsir Tematik dan Tafsir Ringkas Kementerian Agama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement